Desa Embalut Tenggarong Seberang Kini Miliki Destinasi Wisata Baru "Taman Leban"

img

Destinasi Wisata Baru "Taman Leban"

POSKOTAKALTIMNEWS.COM.KUKAR- Desa Embalut Kecamatan Tenggarong Seberang Kabupaten Kukar, saat ini tidak hanya memiliki taman wisata seni budaya yang sudah mulai di kenal masyarakat luas, tapi kini Desa yang berjarak sekitar 40 km dari Kota Tenggarong tersebut mempunyai Destinasi wisata baru yaitu Taman Leban yang artinya Lihat Embalut Berkarya Akan Nyata.

Antusias para warga sekitar cukup tinggi dengan adanya destinasi wisata baru Taman Leban dan mereka sangat merespon baik lokasi wisata yang di kelola masyarakat setempat dengan pemerintah Desa Embalut.

Kepala Desa Embalut Yahya mengaku, Taman Leban belum sepenuhnya selesai dan sebenarnya belum di buka secara resmi, tetapi warga sudah mulai berkunjung bahkan setiap hari Sabtu dan Minggu masyarakat yang berkunjung sekitar puluhan orang dan tetap kita terapkan protokol kesehatan yang ketat, dan pengunjung bukan hanya warga sekitar tetapi sebagian dari warga Desa tetangga.

"Rencananya kami akan mempercepat penyelesaian taman dan membentuk Pengelolaan salah satunya perahu karet agar para pengunjung lebih menikmati suasana yang ada di taman tersebut, dan rencannya sekitar 2 atau 3 minggu kedepan destinasi ini akan kembali kita buka untuk umum namun tetap terapkan protokol kesehatan, "ujarnya.

Ia mengatakan, destinasi wisata ini tentunya dapat membuka lapangan kerja baru bagi pemuda kita serta meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

Sementara itu, masyarakat pemilik lahan destinasi wisata Taman Leban H. Sopiansyah menuturkan, pada Desember 2020 lalu dirinya mulai membuka lahan ini, dan awalnya sebenarnya niat saya hanya membuat kolam ikan, namun kebanyakan dari masyarat, seperti pemudanya dan pemerintah Desa lebih baik dibuatkan taman, maka dari itu saya berupaya mencoba menata satu persatu lahan ini untuk menjadi taman.

"Kebanyakan orang berwisata atau bepergiannya ke Tenggarong atau Samarinda dan lainnya, kemudian saya melihat dibelakang taman ada tugu ban jika tidak dijadikan satu atau dibuatkan aksesoris seperti saat ini mungkin lokasi ini tidak dikunjungi orang, jadi saya punya inisiatif supaya Desa Embalut ini lebih maju dan terkenal maka kita buat lokasi destinasi wisata ini, " terangnya.

Ia menambahkan, untuk fasilitas yang ada selain bermain bebek-bebekan, juga ada tempat pemancingan, tempat lesehan di gazebo dan juga ada tempat untuk kegiatan acara di taman seni budaya.

Terpisah, salah satu pengunjungnya dari warga L3 Jaja mengungkapkan, dirinya merasa sangat bermanfaat dengan adanya taman Leban ini, karena selain dekat juga suasana alam masih alami.

"Saya penasaran dengan tempat wisata baru ini, kami jenuh dan butuh refreshing juga makanya kami kesini rombongan dan ternyata tempatnya bagus tinggal di tambahkan beberapa permainan air saja biar makin bagus kedepannya, " tutupnya.(adv)