Siapkan Lumbung Pangan untuk Penyangga IKN

img

Hadir mengobrol santai siang hari dalam program siar TVRI Kaltim "Ngapeh"

POSKOTAKALTIMNEWS.COM.SAMARINDA - Hadir mengobrol santai siang hari dalam program siar TVRI Kaltim "Ngapeh", Kepala Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura (DPTPH) Kaltim Siti Farisyah Yana mengatakan saat ini pihaknya melakukan upaya percepatan mengejar luas tambah tanam, karena selama ini terkendala cuaca yang cepat berubah dan sulit diprediksi.

"Dalam program kerja kami terus mengedukasi petani agar mampu membaca cuaca," kata Siti Farisyah Yana dalam acara bertema Desa Sinergi Hijau, disiarkan live streaming Youtube, FB TVRI Kaltim, Selasa (21/9/2021).

Bersama Komandan Kodim 0906 Kabupaten Kutai Kartanegara Letkol Infanteri Charles Alling dipandu pembawa acara Erwinsyah dan Sartika Somoal, Yana mengungkapkan dalam mewujudkan kedaulatan pangan, rasio pemenuhan beras masih kurang, sehingga masih ada mengimpor dari luar.

Karenanya, modernisasi khususnya dibidang pertanian, selain mekanisasi pertanian, yang paling mendasar tidak hanya alat namun pola pikir petani harus modern.

"Petani milenial sudah memanfaatkan modern, sepeti green house untuk pertanian seperti hidroponik," jelasnya.

Masalah lainnya, lanjut Yana, terkait alihfungsi lahan pertanian. Maka, untuk mempertahankan lahan pertanian, perlu dibuat Perda LP2B.

Juga, melakukan inovasi dengan family farming (pertanian keluarga) dan pekarangan pangan lestari (P2L).

"Kami juga mendorong program food estate atau korporasi petani untuk meningkatkan pendapatan petani," bebernya.

Upaya-upaya percepatan pembangunan serta pengembangan kegiatan pertanian, tidak lain dalam menyambut ibu kota negara (IKN) di Kaltim.

Kedepan, Yana meyakinkan, pihak dengan membangun sinergi lintas sektor serta didukung pemerintah pusat akan menyiapkan daerah lumbung pangan.

"Khusus daerah penyangga IKN, perlunya optimalisasi hasil pertanian daerah khususnya Penajam Paser Utara dan Paser sebagai lumbung pangan kita," ungkap Yana diacara yang menampilkan special performance Hitam Putih Music.(mar)