Kaltim Terima 4.466 Sertifikat Redistribusi Tanah

img

Penyerahan sertifikat

POSKOTAKALTIMNEWS.COM.SAMARINDA-Sebanyak 124 sertifikat tanah diserahkan secara simbolis oleh Presiden Ri Joko Widodo (Jokowi) kepada masyarakat di Istana Negara, Jakarta yang juga diikuti secara virtual dari kabupaten/kota se Indonesia, Rabu (22/09).

Kegiatan Penyerahan Sertifikat Redistribusi Tanah Objek Reforma Agraria Tahun 2021 diikuti secara daring oleh Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi didampingi Danrem 091/ASN Brigjen Cahyo Suryo Putro dan Kepala Kanwil BPN Kaltim Asnaedi, dari ruang Heart of Borneo, lantai 2 Kantor Gubernur Kaltim

Presiden Jokowi menekankan jajaran Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Negara (BPN) beserta kantor perwakilan di daerah untuk dapat segera menyelesaikan sertipikat tanah bagi masyarakat sesuai dengan tujuan utama dari reforma agraria yang secara fundamental memberikan program-program yang dapat menuntaskan kemiskinan masyarakat 

"Saya berkali-kali menyampaikan tidak ingin konflik agraria yang terjadi di banyak daerah terus mwnerus berlangsung, apalagi itu terkait dengan hak milik rakyat kecil. Demikian halnya kepada pengusaha juga wajib memliki kepastian hukum atas bidang tanah usahanya. Kepastian hukum atas tanah yang memberikan keadilan kepada seluruh pihak adalah kepentingan kita bersama. Komitmen negara untuk betul-betul mengurai konflik agraria yang ada dalam mewaujudkan reforma agraria untuk masyarakat," jata Jokowi.

Wakil Gubernur Hadi Mulyadi mengapresiasi jajaran Kementerian ATR/BPN dan Kanwil BPN di Kaltim yang telah menyelesaikan sertipikat tanah khususnya bagi masyarakat di Kutai Timur yang merupakan program redistribusi tanah objek reforma agraria 2021 di Kaltim.

"Terima kasih kepada Presiden sudah menyerahkan sertipikat tanah program redistribusi untuk Kutai Timur sebanyak 4.466 sertipikat. Mudah-mudahan ini menjadi bagian penting dalam membangun Kaltim dan memberikan kepastian hukum bagi masyarakat atas kepemilikan tanah," ucap Hadi singkat.

Diketahui, kegiatan ini bertepatan dengan Hari Agraria dan Tata Ruang, dimana Presiden menyerahkan 124.120 sertipikat tanah kepada 26 provinsi dan 127 kabuoaten/kota. Sebanyak 5 512 sertipikat diantaranya nerupakan hasil penyelesauan konflik agraria di tujuh provinsi dan delapan kabupaten/kota yang menjadi prioritas di 2021.

Kaltim mwndapatkan 4.466 sertipikat tanah untuk dua desa/kelurahan, yaitu Kelurahan Singa Geweh sebanyak 2.384 bidang dan Desa Sangata Selatan (2.082 bidang). Sedangkan target redistribusi tanah di Kaltim pada 2021 sebanyak 11.951 bidang, terdiri dari Kutai Timur (11.036 bidang) dan Berau (915 bidang). (mar)