Kantor Urusan Agama Gelar Bimbingan Pra Nikah

img

Kegiatan bimbingan pra nikah

POSKOTAKALTIMNEWS.COM.KUKAR- Kantor Urusan Agama (KUA) Tenggarong, Kamis (30/9/2021), menggelar bimbingan pra nikah, untuk calon pengantin yang akan melaksanakan pernikahan.

Kepala KUA Tenggarong Hairillah mengatakan, sebelum melangsungkan akad nikah, calon pengantin perlu dilakukan bimbingan pra nikah, supaya bisa menghadapi permasalahan rumah tangga.

"Saya langsung yang memberikan materi kepada mereka yang akan menikah, adapun materinya yaitu, memberi kepemahaman soal rumah tangga, agar disuatu hubungan selalu harmonis" kata Hairillah saat ditemui Poskotakaltimnews, diruang kerjanya, Kamis (30/9/2021).

Lanjut dia, ada 8 calon pengantin yang mengikuti bimbingan pra nikah, calon pengantin tersebut dari Kecamatan Tenggarong, dan dari 8 calon pengantin sebentar lagi ada yang melangsungkan akad nikah pada Oktober, November, maupun Desember 2021.

"Bukan saat pandemi saja lakukan bimbingan ini, tapi saat ini lebih ekstra lakukan bimbingan, karena pesertanya dibatasi" sebutnya.

Menurutnya, perlu dilakukan bimbingan pran nikah, agar calon pasangan pengantin bisa paham dan tidak mudah cerai, ditengah pandemi saat ini banyak pasangan suami istri cerai, karena kebanyakan faktor ekonomi dan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT).

"Jadi KUA juga berupaya untuk menekan angka perceraian, kita juga melibatkan tokoh agama agar semua bisa jelas" tuturnya

Ia juga menyebutkan, bimbingan pra nikah saat ini dilakukan dengan mandiri, bukan yang disubsidi oleh pemerintah daerah, kalau menunggu subsidi dari pemerintah daerah kelamaan, jadi KUA mengambil langkah langkah demi kenyamanan masyarakat.(*riz)