Sesuai Arahan Gubernur, PTM di Kaltim Belum Diizinkan

img

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kaltim Anwar Sanusi

POSKOTAKALTIMNEWS.COM.SAMARINDA-Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kaltim Anwar Sanusi menegaskan, sesuai arahan Gubernur Kaltim, pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di sekolah di Kaltim belum bisa dilaksanakan, karena sesuai data yang ada di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kaltim, belum semuanya siswa-siswi di Kaltim mendapatkan vaksin Covid-19.

“Berdasarkan  informasi  yang diterima,  siswa-siswa yang  sudah mendapatkan vaksin Covid-19, baru mencapai 26 ribu,  sementera jumlah keseluruhan siswa-siswi di Kaltim sekitar 150 ribu orang,  makanya pak gubernur  kaltim masih belum memberikan izin kepada kita  untuk pelaksanaan PTM,”kata Anwar Sanusi pada  membukaan  Rembuk Pendidikan, dengan tema “Berdaulat Menuju Kaltim Maju dan IKN Baru”, yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kaltim, yang digelar Hotel Senyiur Samarinda, Kamis, (7/10/2021).

Mengingat Gubernur Kaltim belum mengizinkan untuk pelaksanaan PTM di sekolah, lanjut Anwar Sanusi juga mengharapkan kepada seluruh sekolah di Kaltim bisa mengikuti arahan tersebut, karena Guburnur Kaltim juga memiliki data-data lengkap terhadap sekolah-sekolah yang  siswa-siswinya sudah mendapatkan vaksim maupun yang belum, termasuk para guru-gurunya.

“Walaupun belum mendapatkan izin PTM, kita harapkan sekolah-sekolah betul-betul mempersiapkan untuk pelaksanaan PTM, sehingga pada saatnya nanti setelah ada izin, sekolah sudah siap melaksanakan PTM dengan pelaksanaan protokol kesehatan yang ketat. Sekolah diharuskan memenuhi ketentuan penyelenggaraan pembelajaran di masa pandemi Covid-19 sesuai SKB Empat Menteri dan juga Instruksi Mendagri Nomor 14 Tahun 2021 dengan mengedepankan prinsip kehati-hatian, serta kesehatan dan keselamatan warga sekolah,”paparnya.

Selain itu, lanjut Anwar  Sanusi, sekolah memberitahukan kepada wali siswa atau orang tua siswa selama masih belum diizinkan dilaksanakan PTM, maka pembelajaran  tetap dilakukan secara daring, sambil menunggu kebijakan gubernur Kaltim kapan dilaksanakan PTM terbatas.

“Oleh karena itu, kami harapkan seluruh sekolah bisa bersabar, pada saatnya nanti pelaksanaan PTM pasti akan dilaksanakan,”kata Anwar Sanusi.(mar)