Film “Urang Sini” Besutan Muhammad Ardinanda Lolos ke Tingkat Nasional

img


POSKOTAKALTIMNEWS.COM.KUKAR- Salah satu peserta asal Kukar Muhammad Ardinanda yang ikut dalam seleksi pekan  kreativitas  pada kategori film tingkat provinsi Kaltim yang diselenggarakan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalimantan Timur pada 7 Oktober 2021. Dinyatakan lolos dan akan melaju ke tingkat nasonal.

Diketahui pada ajang pecan kreatif tingkat provinsi tersebut, Kukar mengirimkan dua peserta, yakni Muhammad Ardinanda yang mengikuti kategori film, dan Fitri Anisa Milenia yang mengikuti kategori kuliner.

"Alhamdulillah peserta kami yang ikuti kategori film lolos, ada 8 peserta se Kaltim yang ikuti kategori film, dan Ardinanda akhirnya bisa lolos menuju ke nasional" kata Kabid Kewirausahaan Kepemudaan dan Kepramukaan Dispora Kukar Aji Ali Husni kepada Poskotakaltimnews, Sabtu (9/7/2021)..

Menurutnya, peserta yang telah lolos, bulan ini juga akan ikuti tingkat nasional. Pihaknya masih menunggu informasi dari Dispora Kaltim terkait seleksi selanjutnya.

"Dispora Kaltim juga masih menunggu kabar dari penyelenggara tingkat nasional" jelasnya.

Ia juga menyebutkan, seleksi kedepan dilakukan secara online. Sementara film yang dipresentasikan oleh peserta Kukar ialah berjudul "Urang Sini". Film tersebut mengandung kearifan lokal di wilayah masing masing.

"Kalau di Kukar seperti menggunakan bahasa Kutai, hal itu menunjukan kearifan lokal dari Kutai Kartanegara" sebutnya.

Lanjut dia, film yang dipersembahkan Muhammad Ardinanda merupakan film yang terbaik diantara lainnya. Harapannya peserta dari Kukar saat ini menjadi yang terbaik di tingkat nasional, dengan menjadi terbaiknya di tingkat nasional ini, sama halnya dengan memberi kesempatan kepada generasi muda untuk mengapresiasi hasil kerja mereka.

Sementara itu peserta dari Kukar Muhammad Ardinanda menuturkan, setelah mengikuti seleksi di Dispora Kaltim dan dinyatakan lolos untuk menuju tingkat nasional, dirinya diminta menyiapkan berkas untuk kelengkapan persyaratan menuju tingkat nasional.

"Ini saya sedang menyiapkan berkas, paling lambat 15 Oktober 2021, kemudian menunggu kabar selanjutnya" ungkap Muhammad Ardinanda

Ia juga menyampaikan rasa syukur dan terima kasih. Hal ini juga berkat kerjasama yang baik dengan tim. Adapun orang yang terlibat dalam proses pembuatan film yaitu, Muhammad Ardinanda, Abdul Aziz Ali, Muhammad Naufal Uzhair.

"Film yang kami buat berjudul Urang Sini, yang di dalamnya menceritakan soal kepuhunan, ketulahan, dan hantu urang, 3 mitos tersebut sering dipercayai dengan masyarakat Kutai" pungkasnya.(*riz/adv)