Bupati Kukar Pimpin Upacara Peringatan Hari Santri Indonesia

img

Bupati Edi Damansyah saat memimpin upacara peringatan Hari Santri Indonesia.

POSKOTAKALTIMNEWS.COM, KUKAR- Jum'at (22/10/2021) hari ini bertepatan dengan Hari Santri Nasional. Dalam memperingati Hari Santri Nasional, Kemenag Kukar melaksanakan Upacara yang dipimpin oleh Bupati Kukar Edi Damansyah, dan diikuti beberapa santri di Kukar, di halaman Kemenag Kukar, Jum'at (22/10/2021).

Dalam kesempatan itu, selain melaksanakan Upacara, Bupati Kukar juga memberikan santunan kepada 15 Santri yang ada di Kukar.

Edi Damansyah mengatakan, Hari Santri Nasional telah ditetapkan 22 Oktober melalui keputusan Presiden Nomor 22/2015. Sejak ditetapkan Hari Santri Nasional maka setiap tahun menyelenggarakan Peringatan Hari Santri.

"Pada 2021 ini kita peringati dengan tema Santri Siaga Jiwa Raga, maksud dari tema tersebut ialah bentuk pernyataan sikap Santri Indonesia agar selalu siap siaga jiwa dan raga untuk membela tanah air" kata Edi Damansyah saat sambutan.

Lanjut dia, siaga jiwa berarti santri tidak lengah menjaga kesucian hati dan akhlak, berpegang teguh pada akidah, nilai, dan ajaran lslam rahmatan lil'alamin serta tradisi luhur bangsa lndonesia.

"Siaga Raga berarti badan, tubuh, tenaga, dan buah karya santri didedikasikan untuk lndonesia. Oleh karena itu, santri tidak pernah lelah dalam berusaha dan terus berkarya untuk lndonesia" ucapnya.

Sementara itu Kepala Kemenag Kukar H Mukhtar menuturkan, dalam peringatan Hari Santri Nasional meminta kepada para Santri Indonesia untuk menjaga kesehatannya, dan bisa meningkatkan ilmu, ketaqwaan kepada Allah SWT.

"Karena santri Indonesia merupakan generasi penerus bangsa Indonesia dalam bidang agama, semoga apa yang dilakukan santri diridhoi oleh Allah SWT" pungkasnya.(*riz)