Proyek Penyulingan Air Laut Segera Dilelang

img

BALIKPAPAN, Rencana pembangunan penyulingan air laut menjadi air minum (desalinasi) rencananya bulan Agustus atau September mendatang akan mulai dilakukan pelelangan.Sejauh perencanaan yang akan dilakukan pemrakarsa PT Inti Sukses Bersama masih sesuai jadwal.

Dirut PDAM Haidir Effendi mengatakan saat ini masih dilakukan penyempurnaan fisibility study (FS) program desalinasi. Penyempurnaan FS ini sejauh ini tidak mengganggu jadwal.

“Lagi ada penyempurnaan FS, sejauh ini masih on schedule,” kata Haidir belum lama ini. 

Menurutnya masih banyak yang harus disiapkan tahapan sebelum lelang yakni penyelaian FS, dokumen-dokumen juga aturan main. “Masih banyak yang lagi diskusikan. Kita tidak ada kesulitan hanya persoalan aturan saja jangan sampai melanggar aturan,” ungkap Haidir.

Setelah kelayakan proyek selesai  akan berlanjut pada proses pra kualifikasi investor atau peserta tender. “Diumumkan dulu lalu evaluasi peminat. Kalau sekarang ini belum kita undang peminat kan belum siap dokumennya,” tandasnya.

Pelaksana proyek bisa siapa saja baik dari perusahaan Balikpapan maupun dari luar Kaltim. Namun yang pasti menurut Haidir prakarsa proyek belum tentu akan bertindak sebagai pelaksana proyek. 

“Tetap akan dilelang. Kalau dokumen siap semua dan FS matang baru kita lelang. Ya rencana Agustus September. Tapi rencana ini jangan sampai kebablasan nabrak aturan karena contoh yang besar-besar kan ada sampai nabrak aturan. Kasus nasional kan ada kita nggak maulah kan sudah ada contoh masa kita masa mau ngulang,”tambahnya.

Seperti diketahui desalinasi ini PDAM bertindak sebagai pembeli air. Perkiraan harganya jualnya sekitar sekitar Rp 23 ribu/ meter kubik. Lebih mahal air yang dijual PDAM seharga Rp 8 ribu/ meter kubik.

Tarif jual yang cukup mahal ini karena pengolahan dan biaya operasionalnya yang mahal yakni membran perlu diganti dengan rutin. 

Namun harga mahal, manfaat yang didapat konsumen juga lebih baik yakni kandungan mineralnya,: pungkasnya.mid/poskotakaltimnews.com