Komisi I DPRD Bontang Dorong PTMT Digelar Seragam

img

 Ma'ruf Effendy

POSKOTAKALTIMNEWS.COM, BONTANG- Anggota Komisi I DPRD Bontang, Ma'ruf Effendy mendorong percepatan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) tingkat SMA/SMK. Pasalnya, banyak orang tua siswa yang berharap sekolah segera menerapkan PTMT.

"Ini yang perlu didorong untuk dilakukan PTMT," ujarnya saat rapat kerja di Sekretariat Dewan, Senin (15/11/2021).

Terlebih, tumpuan PTM  berdasarkan dari program vaksinasi. Untuk Kota Bontang sendiri, kata dia, progres vaksinasi untuk pelajar usia 12-17 tahun dosis pertama telah mencapai 88,2 persen per 12 November 2021.

"Bontang termasuk maju," ungkapnya.

Ia mengakui, sekolah tingkat SMA/SMK di luar kebijakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Bontang. Dengan begitu, ketika Kota Bontang memenuhi syarat dan siap PTMT maka tinggal membuat kebijakan untuk diloloskan. "Tentu ini modalnya keberanian," katanya.

Lebih lanjut, kata dia, PTMT jadi sorotan para orang tua murid. Pasalnya, sekolah tingkat SD, SMP, bahkan tingkat TK telah melaksanakan PTMT.

Sementara, tingkat SMA sederajat yang notabennya lebih mudah diatur, belum melaksanakan PTM terbatas.

Di tempat yang berbeda, Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Bontang, Saparuddin mengakui, kewenangan sekolah tingkat SMA/SMK berada di tingkat Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Namun, saat ini kelas 12 telah melangsungkan PTM terbatas dari koordinasi oleh Musyawarah Kerja Kepa Sekolah (MKKS).

"MKKS sudah melakukan tatap muka untuk persiapan pelajar masuk ke perguruan tinggi," ujarnya.(wan)