Buka Capacity Building untuk Pelaku UMKM, IKM dan Koperasi, Gubernur Berharap Masyarakat Jangan Putus Asa Dalam Berusaha

img

Isran Noor membuka  Capacity Building Untuk Pelaku UMKM, IKM dan Koperasi 

POSKOTAKALTIMNEWS.COM, MELINTANG- Dalam kunjungan kerja di wilayah Kukar, Gubenur Kaltim H Isran Noor membuka  Capacity Building Untuk Pelaku UMKM, IKM dan Koperasi  serta menyerahkan Bantuan Produktif  Untuk Usaha Mikro (BPUM)  tahun 2021, yang dilaksanakan Disperindagkop dan UKM Kaltim, di Balai Pertemuan Umum Desa Melintang Kecamatan Kota Muara Wis, Kukar, Selasa (7/12/2021).

Isran Noor,  mengatakan  pemerintah tidak pernah mengabaikan masyarakat   dampak  Covid-19,  bantuan yg diberikan ini  merupakan  bentuk kepedulian  pemerintah untuk membantu warganya khususnya untuk BPUM.

"Oleh karena itu, saya berharap masyarakat  jangan pernah putus asa dalam  berusaha, bekerja keras yang disertai dengan doa,"tandasnya.

Isran juga berharap melalui pelatihan Capacity Building Untuk Pelaku UMKM, IKM dan Koperasi, masyarakat Desa Melintang, pengetahuan dan wawasanya semakin bertambah dalam peningkatan  berusaha.

"Melalui pelatihan Capacity Building untuk Pelaku UMKM, IKM dan Koperasi, masyarakat Melintang bisa terus maju dan berkembang  dengan  memanfaatkan potensi yang di miliki," pesan Isran Noor.

Kepala Disperindagkop dan UKM Kaltim HM Yadi Robyan Noor dalam laporannya mengatakan Disperindagkop dan UKM Kaltim terus eksis melakukan edukasi ś dalam upaya  menciptakan pelaku UMKM dan koperasi yang lebih berdaya saing.

Melalui pelatihan Capacity Building atau peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk Pelaku UMKM, IKM dan Koperasi kita harapkan kemampuan para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dan koperasi terus meningkat," kata Roby.

Roby menambahkan  pelatihan peningkatan SDM di Desa Melintang ada dua yaitu pelatihan untuk perkoperasian dengan jumlah 30 peserta, kemudian pelatihan UMKM, yaitu bagaimana para pelaku UMKM yang ada di Desa Melintang dapat terus berkreasi dan berinovasi untuk terus mengembang usahanya  melalui potensi yang ada di Desa Melintang," tandasnya.

Penerima  BPUM, lanjut Roby  untuk tahap pertana  jumlah UMKM penerima sebanyal 19.680 UMKM dengan nilai total sebesar Rp 47.232.000.000. Kemudian tahap kedua dengan jumlah UMKM penerima 39.375 penerima dengan nilai total sebesar Rp.  47.250.000.000.

Tampak hadir Anggota DPD RI Dapil Kaltim Abah Nanang,  Bupati Kukar diwakili Asisten II,Wiyono,  Kepala Bapeda Kaltim, kepala OPD dan Biro,  dilingkup Pemprov Kaltim,  Muspika Muara Wis, Kades Melintag Muhdi, tokoh agama dan masyarakat serta undangan lainnya.(mar)