DPMD Pastikan Semua Desa di Kutim Sudah Sampaikan LPj Dana Desa 2016

img

SANGATTA, Poskotakaltimnews.com- Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kutai Timur, Suwandi mengklarifikasi terkait informasi dan pemberitaan tentang masih banyaknya desa-desa di Kutim yang belum menyerahkan Laporan Pertanggungjawaban (LPj) keuangan terkait penggunaan dana desa (DD) pada tahun 2016 lalu.

Kepada wartawan, Senin (12/6) Suwandi mengatakan setelah melakukan kroscek kepada instansi yang baru 11 hari dipimpinnya tersebut, diketahui jika 133 desa di Kutim yang mendapatkan kucuran Dana Desa (DD) tahun 2016 lalu sudah menyerahkan LPj keuangan terkait penggunaan anggaran DD, baik kepada DPMD Kutim maupun BPKAD Kutim.

Kelengkapan pelaporan ini akan menjadi dasar dalam pencairan Dana DD tahun 2017 ini. Sementara untuk pengajuan anggaran DD tahun ini, sudah 22 desa di Kutim yang memasukkan usulan anggaran kepada BPKAD Kutim dan sisanya sebanyak 117 desa sedang dalam proses penyusunan.

Selain itu, dirinya juga mengklarifikasi jika dalam pernyataan sebelumnya jika dikatakan bahwa belum adanya Perbup yang mengatur Dana Desa belum dimiliki Kutim sehingga menghambat pencairan DD. Dikatakan, jika peraturan Bupati (Perbup) Nomor 29 tahun 2017 tentang Tata Cara Pembagian dan Penetapan Rincian Dana Desa di Setiap Desa di Kabupaten Kutai Timur, telah terbit pada tanggal 10 April 2017 lalu. Sehingga otomatis ini akan menjadi dasar dalam pencairan DD di tahun 2017 ini.

Dengan demikian, Suwandi optimis jika anggaran Dana Desa (DD) tahun ini bisa cair dari Kementrian Keuangan sesuai dengan waktu yang dijadwalkan, mengingat telah lengkapnya persyaratan yang harus dipenuhi dalam proses pencairan DD 2017. nda