MAN 2 Kukar Juara 1 Olimpiade Sains Biologi se-Kaltim-Kaltara

img

TENGGARONG, Siswa MAN 2 Kutai Kartanegara berhasil menorehkan prestasi di bidang Lomba Karya Tulis Ilmiah Biologi tingkat Provinsi Kalimatan Timur dalam ajang Olimpiade Sains Biologi (OSAGI) ke - VII tahun 2017 yang dilaksanakan dari tanggal 7 – 9 Februari 2017 di Universitas Mulawarman Samarinda. Penelitian yang dilakukan oleh M. Misbakhul Munir, Rizka Rini Wahyuni dan Nurhidayah tersebut berjudul “Pemanfaatan Alat Petasan (Penyaring Tahu Sederhana) Sebagai Penetral Limbah Cair Tahu”.
Menurut Munir, penelitian ini dilatarbelakangi oleh keperihatinannya terhadap pencemaran yang terjadi di Sungai Tenggarong, dimana salah satu sumber pencemarnya ialah limbah industri tahu.
“Survei dan penelitian kami sebelumnya tentang kualitas air sungai Tenggarong. Kami menemukan bahwa beberapa parameter kualitas air telah jauh dari baku mutu yang telah ditentukan. Salah satu sumber pencemarnya ialah limbah cairan industri tahu.  Dengan limbah cair langsung dibuang ke sungai tanpa proses penetralan maka akan mempercepat proses dekomposisi oleh bakteri sehingga menyebabkan menurunnya kadar oksigen terlarut dan air menjadi keruh serta berbau. Berdasarkan latar belakang tersebut kami tertarik membuat alat penyaring limbah tahu sederhana (PETASAN), sehingga harapannya industri tahu dapat menetralkan limbahnya terlebih dahulu sebelum dibuang ke sungai,” tutur Misbakhul Munir.
Ditambahkan oleh Rizka, bahwa alat PETASAN ini berdasarkan uji di Laboratoium Lingkungan FMIPA Unmul efektif dalam menurunkan bebarapa parameter pencemar air.
Parameter yang diukur ada 4 yaitu Biological Oxygen Demand (BOD), Chemical Oxygen Demand (COD), Total Suspended Solid (TSS) dan Total Disolved Solid (TDS).
Sementara itu guru pembimbing dalam penelitian Rais Budiarto,S.Pd, M.Si sangat mengapresiasi dan bangga atas keberhasilan anak didiknya di tingkat provinsi.
Menurutnya hasil ini merupakan buah kerja keras para siswa dan berkat dukungan dari seluruh komponen madrasah.
"Alhamdulilah kerja keras mereka membuahkan hasil . Diharapkan prestasi ini dapat memacu siswa lain ikut berprestasi. Selain berprestasi di bidang LKTI, 3 siswa lainnya pun memperoleh juara 3 Lomba Mading 3D Biologi se Kaltim atas nama Muhammad Misbakhul Munir, Yenti dan Nur Hidayatul Amanah” ujarnya.
Sementara itu Kepala Madrasah Samuri, S.Pd  mengatakan bahwa prestasi karya ilmiah ini bukanlah yang pertama diperoleh oleh siswa/i MAN 2 KUKAR. Hampir setiap tahun sekolahnya memperoleh prestasi baik di tingkat kabupaten maupun provinsi, seperti olimpiade, mading, marching band, pramuka, paskhas, keagaamaan dan lainnya.
"Dengan prestasi ini diharapkan dapat mencetak generasi-generasi yang unggul baik di bidang sains, teknologi maupun imtaq sehingga salah satu visi dan misi Madrasah yaitu Meningkatkan Sumber Daya Manusia yang unggul dapat tercapai", kata Samsuri.
"Saya juga berharap bahwa ada dari pihak pemerintah ataupun swasta yamg bersedia memberikan beasiswa kepada siswa berprestasi untuk dapat menlajutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi,” pungkasnya. *aji/sya/poskotakaltimnews.com