POSI Kaltim Adakan Upacara Pengibaran Bendera Bawah Air

Admin 16 Ags 2017
img

Ilustrasi Pengibaran Bendera Bawah Air

TENGGARONG, Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-72 Persatuan Olahraga Selam Indonesia (POSI) Kalimatan Timur (Kaltim), mengadakan upacara Pengibaran Bendera Bawah Air, yang akan di lakukan di Desa Pengempang Kecamatan Muara Badak, tepatnya di Perairan Batu Lampe.

Upacara bendera ini akan dilaksanakan di kedalaman laut 4-5 meter. Segala persiapan pun terus dilakukan untuk menyukseskan kegiatan Upacara Pengibaran Bendera Bawah Air.

“Ada sebanyak 30 penyelam yang akan mengibarkan bendera di dalam perairan Batu Lampe pada 17 Agustus 2017 mendatang. Mereka akan menyelam kurang lebih selama 30-40 menit di bawah permukaan laut” kata Muchlis Efendi, Panitia Acara Pengibaran Bendera Bawah Air di Batu Lampe.

Sabtu (12/08/2017), ada sebanyak 12 orang tim pengibar bendera bawah air akan latihan di Gedung Olahraga (GOR) Segiri Samarinda sekitar pukul 15.00 wita, Pengibaran Bendera Merah Putih Bawah Air ini, baru pertama kali digelar di Kalimatan Timur.

“Upacara nanti bakal dihadiri 3 orang penyelam dari Universitas Lambung Mangkurat (Unlam) Banjarmasin, Kalsel” tuturnya.

Panitia juga melibatkan Divisi Keselamatan Rescue Vico, Pos AL Marangkayu dan Perwakilan Lanal Balikpapan saat kegiatan berlangsung, untuk menghindari hal yang tak diinginkan selama pelaksanaan Upacara nanti.

‘Kami masih membuka pendaftaran bagi para penyelam yang ingin bergabung, dengan syarat memiliki sertifika A1/minimal open water, serta membayar uang registrasi Rp 350 ribu. Penyelam akan mendapatkan beberapa fasilitas, seperti homestay, transportasi laut, kaus, sertifikat kegiatan dan gratis isi tabung selam” beber Muchlis.

Prosedur pelaksanaannya nanti seperti upacara di darat pada umumnya, hanya pembacaan teks Pancasila tidak dibaca secara lantang karena tidak mungkin terdengar Upacara bawah air ini akan dimulai pada pukul 10.00 wita. Tapi para penyelam akan bergerak sejak pukul 09.00. Pasukan pengibar bendera ini berasal dari gabungan elemen penyelam dan komunitas peduli pesisir di Kaltim.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan potensi ekowisata di kawasan Batu Lampe dengan terumbu karangnya yang eksotik. Pengibaran bendera dalam air ini didukung Forum Pemuda Bahari Kaltim, Jejak Pesisir Muara Badak, Mitra Bahari Kaltim, Lanal Balikpapan, Pokdarwis dan Karang Taruna Muara Badak” pungkas Muchlis.aji/poskotakaltimnews.com

 

Admin
RELATED POST