Dana Hibah Partai Politik, Partai Nasdem Menduduki Suara Terbanyak

img

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol)Berau, Salim

POSKOTAKALTIMNEWS.COM,TANJUNG REDEB- Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol)Berau, Salim mengatakan, sampai dengan sekarang Partai Politik (Parpol) yang menduduki kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Berau,  baru 6 partai yang telah mengajukan proposal terkait dana hibah dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau tahun 2023.

Pihaknya mengatakan, enam partai yang telah mengajukan proposal diantaranya, Gerindra, Hanura, PAN, PPP, Golkar, dan Nasdem. Sedangkan Partai PKS, PIDP, dan juga Demokrat sampai saat ini belum juga menyerahkan proposal.

“Sampai saat ini kami belum tau alasan partai yang belum menyerahkan proposal. Sudah ada sembilan partai yang menduduki kursi DPRD Berau,” ucapnya.

Ia juga menyampaikan, untuk perolehan jumlah suara terbanyak saat ini diduduki oleh Partai Nasdem yakni dengan jumlah 22.379 suara, kemudian disusul oleh Golkar dengan perolehan 19.346 suara.

Berdasarkan perhitungan, Nasdem akan mendapatkan dana hibah sebesar Rp 171 juta, dan untuk perolehan terendah yakni Hanura mendapat Rp 29 juta. Pendapatan dana hibah dapat diliat dari perhitungan Komisi Pemilihan Umum (KPU) yakni 7,643 di kali 12 dan dikali jumlah suara. Jadi pendapatan hibah tergantung dari jumlah suara.

Pihaknya menyampaikan kepada partai yang belum menyerahkan proposal, agar segera menyerahkan proposal. Karena pihaknya tidak bisa memberikan dana kepada partai yang belum menyerahkan proposal. (sep/ima)