Kepala Disdukcapil Kukar Sebut Stok Blanko E-KTP Aman

img

Kepala Disdukcapil Kukar M Iryanto

POSKOTAKALTIMNEWS.COM,KUTAI KARTANEGARA- Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kukar menyatakan bahwa, ketersediaan blanko E-KTP dipastikan aman dan tercukupi untuk masyarakat hingga 2024.

Kepala Disdukcapil Kukar M Iryanto mengatakan, masih ada sekitar 120 ribu keping blanko E-KTP yang tersedia. Artinya masyarakat tidak perlu khawatir, jika mengurus KTP bisa langsung mendapatkan E-KTP tersebut.

"Baik masyarakat yang ingin melakukan perbaikan E-KTP atau melakukan percetakan baru, semua dilayani karena stok blanko kita masih banyak," kata M Iryanto kepada Poskotakaltimnews, Sabtu (16/9/2023).

Ia menyebutkan, apabila stok blanko menipis kemungkinan yang dilayani hanya yang belum memiliki E-KTP, untuk yang perbaikan ditunda sementara.

Sementara ketersediaan blanko E-KTP saat ini bagian dari persiapan menjelang pemilu 2024, diperkirakan pada 2024 ada sekitar 100 ribu keping blanko E-KTP yang dicetak.

Disdukcapil Kukar juga terus berupaya, agar seluruh masyarakat memiliki E-KTP, karena KTP itu sangat penting selain untuk identitas kependudukan, urusan lainnya juga menggunakan KTP.

"Kami ada petugas di Desa atau Kelurahan yang khusus mengurusi administrasi dan kependudukan (adminduk)," jelasnya.

Harapannya masyarakat bisa mengurus adminduk melalui desa atau kelurahan, namun untuk perekaman data bisa datang ke Disdukcapil. Jika KTP tersebut sudah jadi, maka akan dititipkan ke desa atau kelurahannya, dan diserahkan kepada RT.(riz)