Gandeng Awak Media, Bawaslu Kukar Gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif

img



POSKOTAKALTIMNEWS.COM, KUKAR : Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kutai Kartanegara melaksanakan Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif dengan menggandeng awak media. Sosialisasi tersebut diselenggarakan di  Hotel Lesung Batu Tenggarong, Sabtu (11/11/2023).

 

Adapun narasumber yang dihadirkan pada sosialisasi tersebut ialah Wakil Ketua PWI Kaltim Abdurrahman Amin, dan Ali Mukid dari LBH Kukar yang merupakan mantan Komisioner Bawaslu Kukar.

 

Ketua Bawaslu Kukar Teguh Wibowo mengatakan, tahapan pemilu 2024 saat ini akan memasuki tahapan kampanye pada 28 november 2023 hingga 10 Februari 2024. Pada tahapan pemilu ini peran media massa sangat penting dalam pesta demokrasi.

 

"Maju atau mundurnya kualitas demokrasi, bisa dilihat dari bentuk penyajian berita yang disampaikan kepada masyarakat," kata Teguh Wibowo.

 

Menurutnya, melalui media pers merupakan bagian dalam memberikan edukasi kepada masyarakat. Agar pesta demokarasi berjalan dengan baik, sehingga perlunya dilakukan sosiasilisasi ini kepada awak media.

 

"Kami berharap seluruh media baik cetak maupun online bisa bekerjasama dengan Bawaslu maupun KPU, sehingga pemilu 2024 berjalan sukses dan lancar," ungkapnya.

 

Sementara itu Ali Mukid menyebutkan, peran media dalam melakukan pemberitaan pada pemilu 2024 sangat penting. Ada beberapa hal yang harus di perhatikan dalam pemberitaan tahapan pemilu 2024.

 

"Setelah penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) Anggota DPRD Kukar, akan memasuki tahapan kampanye," sebut Ali Mukid

 

Sebelum tahapan kampaye dimulai, peran media pers tak boleh melakukan pemberitaan yang mengandung unsur kampanye, begitu juga usai tahapan kampanye yang memasuki masa tenang.

"Sesuai dengan UU, kami melakukan pengawasan pemberitaan atau konten medsos. Pada 2018-2023 cukup banyak hasil pengawasan atas konten yang melanggar atau mengandung unsur kampanye di luar tahapan kampanye yang dilakukan oleh seorang pribadi, bukan pers," tutupnya. (riz)