Dorong Produk UMKM Kukar Tembus Pasar Ekspor

img


POSKOTAKALTIMNEWS.COM,KUKAR- Salah satu narasumber yang dihadirkan Disperindag Kukar dalam kegiatan pembinaan pelaku usaha dan calon pelaku usaha ekspor, yang berlangsung di Hotel Grand Fatma Tenggarong, Sabtu (25/11/2023), adalah Faron Ali Baihaqi.

Faron Ali Baihaqi merupakan pengusaha ekspor Kukar yang telah sukses menjalin kerjasama dengan 14 negara. Usaha yang digeluti adalah bidang perikanan dan pertanian.

Menurut Faron, kiat sukses “bergelut” usaha ekspor adalah mengikuti standar pasar, tahu akan permintaan pasar.”Intinya semua peluang pasar itu ada, tinggal produk kita agar bisa mengikuti standar yang diikuti oleh pasar." Ucap Faron.

Faron pada kegiatan pembinaan pelaku usaha ekspor tersebut, berbagi pengalaman dan memberikan pencerahan kepada 40 peserta, baik terkait persiapan barang yang akan diekspor, proses ekspor, hingga pembayaran.

“Tips sukses yang diberikan adalah tetap semangat, mengikuti standar pasar, dan mengubah mindset para pelaku UMKM agar produk mereka dapat menyesuaikan dengan permintaan pasar.”ungkap Faron yang mengaku menggeluti usaha ekspor sejak 2016 hingga sekarang.

Dikatakan Faron, yang terjadi selama ini  pelaku usaha banyak berpikiran bahwa pasar mengikuti kemauan dari pelaku usaha, padahal pemikiran itu kurang tepat.”Harus dirubah mindsetnya, produknya mengikuti permintaan pasar,”tegasnya.

Sementara Sekretaris Disperindag Kukar Sayid Fathullah, kegiatan pembinaan terhadap pelaku dan calon pelaku usaha ekspor ini sebagai wujud komitmen pemerintah dalam mendorong kemajuan usaha di Kabupaten Kutai Kartanegara.

Dirinya menyakini, dengan dilaksanakan kegiatan ini akan memberikan motivasi yang besar kepada para peserta yang merupakan pelaku usaha di Kukar, untuk kedepan bisa terjun dalam usaha tersebut.

"Kegiatan ini kami harapkan dapat mendorong semangat para pelaku usaha di Kukar untuk melakukan ekspor, meningkatkan kualitas produk, kuantitas, dan kontinuitas barang mereka. Dengan demikian, diharapkan UMKM di Kukar dapat bersaing di pasar internasional, mendukung visi dan misi pembangunan Kabupaten Kukar menuju masyarakat yang sejahtera dan bahagia." Tuturnya.(adv/aan)