Diperlukan Dukungan Optimal Anggaran Pengembangan Sektor Pariwisata

img

POSKOTAKALTIMNEWS.COM, TANJUNG REDEB : Yang tidak kalah penting dalam mendukung kemajuan  pariwisata di Kabupaten Berau, selain kolaborasi lintas lembaga, dukungan anggaran secara optimal tentu sangat perlu disediakan.

Dengan terpenuhinya hal itu, maka pengembangan pariwisata di Berau akan lebih mudah dan ruang gerak OPD terkait untuk melakukan inovasi serta kreativitas menjadi lebih luas.

”Ini perlu,  mengingat perkembangan pariwisata jelas juga mempengaruhi terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD). Sekaligus sebagai solusi peningkatan nominal APBD Berau di sektor lainnya. Pasalnya saat ini masih sangat tergantung pada sektor pertambangan dan perkebunan kelapa sawit,” papar Anggota Komisi II DPRD Berau Bidang Keuangan, Nurung baru baru ini di kantor Dewan Jalan Gatot Subroto Kelurahan Bedungun.

Dia memastikan kalau sektor wisata daerah maju, maka dapat dipastikan  mampu dongkrak PAD. Karena bukan hanya tujuan wisata saja yang jika aksesnya mudah turut maju, namun juga bisnis perhotelan dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di wilayah Berau sebagai tujuan wisata kena imbas positifnya.

 “Jika pariwisata berkembang akan banyak pihak yang ikut menikmati hasilnya, baik itu perhotelan, pengusaha traveling sampai UMKM. Makanya Pemkab jangan hanya sekedar program, harus ditelusuri tahapanya agar jalan sesuai dengan perencanaan,“ papar Nurung lagi. (sep/Advetorial)