Hadiri RBXperience 2023, Sekda Sri: Banyak hal yang Harus Dipersiapkan

img

Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim Dra Sri Wahyuni menghadari RBXperience 2023

POSKOTAKALTIMNEWS.COM,BALI-Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim Dra Sri Wahyuni menghadari RBXperience 2023  Dari Visi menuju Aksi,  RB Berdampak Untuk Indonesia Maju, yang di selenggarakan Kedeputian Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kementerian PANRB.

Kegiatan RBXperience 2023,  diawali sambuatan Pj Gubernur Provinsi  Bali Sang Made Mahendra Jaya,  kemudian dilanjutkan keynote dan pembukaan RBXperence 2023 oleh Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas,  yang ditandai dengan pemukulan gong, yang digelar  di Bali Nusa Dua Convention Center 1 Kawasan Terpadu ITDC NW/1, Nusa Dua-Bali.Selasa (5/12/2023).

Sekda Sri Wahyuni mengatakan pelaksanaan  RBXPerience  ini banyak hal yang didapatkan dari beberapa  paparan materi,  baik dari Menteri PANRB.Sekjen Kemendagri Suhajar Diantoro dengan materi Percepatan pelaksanaan RB Berdampak pada pemerintahan daerah dilanjutkan  paparan

materi  Transformasi Pengwasan Dalam Optimalisasi RB Berdampak yang disampaikan Kepala BPKP Muhammad Yusuf Ateh.Dan Keynote speech Deputi PEPP Kementerian Bappenas Erwin Dimas dengan tema RB Untuk Indonesia Emas  2045.

"Setelah ini tentu kita siapkan, salah satunya memperbaiki RB benar-benar memberikan dampak, dan banyak hal yang membuat kita harus bersiap, termasuk perubahan-perubahan, termasuk mandset pola kerja," terang Sri Wahyuni.

Selain itu, lanjutnya dalam talkshow  Inspirasi RB Berdampak, banyak inside-inside yang mengingatkan daerah dalam inflementasi RB lebih berdampak.

Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas mengatakan politik beleh berjalan tapi birokrasi tidak boleh berhenti,  karena nadi pelayanan publik itu adalah birokrasi.

Ditambahkan, RBXperience 2023 merupakan salah satu upaya dan komitmen PANRB selaku leading  sektor dalam reformasi birokrasi untuk mendorong reformasi birokrasi perdampak,  merangkul seluruh stakeholder,  menghapus sekat-sekat  antar instansi pemerintah,  memfasilitasi pertukaran ide dan gagasan, serta menjadi wadah pembelajaran bersama,  antara stakeholder.

"Kami ingin sampaikan RBXperience bukan sekedar seremoni,  yang hari ini ramai, kemudian sore ditutup,  harapan kami bukan seremoni namun program yang membumikan berdampak," kata

Abdullah Azwar Anas

RBXperience, lanjutnya memberikan beberapa kegiatan diantaranya  ada talkshow  Inspirasi RB Berdampak, ada  coaching clinic dan  peer teaching.

"Tahapan ini nanti kalau tidak diikuti,  sayang bapak ibu sudah datang dari jauh,  maka tolong bapak ibu nanti siapkan tulisan dan laporkan ke bupati walikota, laporkan ke gubernur. Karena kalau  

tidak  laporkan, atasannya tentu tidak tahu dan tidak menjadi kebijakan," pesan Abdullah Azwar Anas

Tampal hadir mendampingi Sekdaprov Kaltim Kapala Dinas  Kominfo Kaltim Muhammad Faisal, Kepala Biro Ekonomi Setdaprov Kaltim Iwan Darmawan. Kepala Biro Organisasi Setdaprov Kaltim Iwan Setiawan.(mar)