Wujudkan Masyarakat Sejahtera, Dispar Lakukan Evaluasi Terhadap Kekraf Kukar

img

Kabid Ekraf Dispar Kukar, David Haka

POSKOTAKALTIMNEWS, KUKAR : Program Kerja yang dilaksanakan oleh Komite Ekonomi Kreatif (Kekraf) pastinya dievaluasi dengan Dinas Pariwisata (Dispar) Kukar setiap tahunnya.

Kekraf merupakan mitra kerja Dispar Kukar, tujuan dari pembentukan Kekraf yaitu untuk mewadahi para pelaku ekraf baik tingkat Kabupaten hingga Kecamatan. Adapun program kerja Kekraf yang berkaitan dengan pengembangan ekonomi kreatif.

"Kita juga melakukan evaluasi terhadap program kerja Kekraf, Kekraf Kukar melaporkan hasil kerjanya per 6 bulan kepada Dispar Kukar," kata David Haka Kabid Ekraf Dispar Kukar pada Poskotakaltimnews, Jum'at (9/2/2024).

Ia menyebutkan, yang menjadi bahan evaluasi salah satunya terkait dengan data pelaku Ekonomi Kreatif (Ekraf), tumbuh kembangnya, hingga program kerja yang selaras dengan visi misi Pemkab Kukar, dengan target mewujudkan masyarakat sejahtera.

Ada berbagai jenis Ekraf diantaranya pelaku seni pertunjunkan, industri, hingga pelaku UMKM. Pelaku Ekraf di Kukar sangat banyak, setiap daerah juga memiliki potensi yang berbeda.

Untuk itu, Peran pemerintah daerah hadir untuk memfasilitasi dan membuat regulasi. Sehingga dapat meningkatkan perekonomian mereka.

"Kami ingin yang dikerjakan selama ini bisa memberikan manfaat kepada masyarakat," sebutnya.

Kekraf dibentuk di seluruh Kecamatan se Kukar, namun saat ini baru ada 12 Kekeaf Kecamatan yang telah dibentuk dari target 20 Kekraf.

Pembentukan Kekraf Kecamatan telah dilakukan sejak 2022 lalu. Pada 2024, Dispar Kukar menargetkan 8 Kekraf akan dibentuk diantaranya Kekraf Kecamatan Muara Muntai, Muara Wis, Kenohan, Kota Bangun Darat, Tabang dan lainnya. (adv/riz)