Kolaborasi untuk Memajukan Pariwisata Kukar

img

(Kepala Dinas Pariwisata Kukar, Slamet Hadiraharjo)

POSKOTAKALTIMNEWS, KUKAR-Belum lama ini Dinas Pariwisata Kukar menghadiri Rapat Kerja (Raker) Bidang Pemasaran Pariwisata yang digelar oleh Dispar Kalimantan Timur di Hotel Sadurengas Grogot Kabupaten Paser. Raker ini dihadiri oleh Kepala Dispar Kukar Slamet Hadiraharjo didampingi Kabid Pemasaran Wisata Triyatma dan Adyatama Kepariwisataan  Awang Ivan sebagai perwakilan dari Dinas Pariwisata Kabupaten Kukar.

KepalaDinas Pariwisata Slamet Hadiraharjo seusai menghadiri acara panen perdana buah Melon di Waduk Sukarema, Senin (12/2/2024),menjelaskan bahwa dalam Raker tersebut membahas terkait sasaran - sasaran strategis di bidang pemasaran serta penguatan kolaborasi bersama stakeholder dan bersama 10 Kabupaten Kota yang mempunyai wisata unggulan masing-masing.

“Pada saat Raker yang digelar Dispar Provinsi Kaltim, kami mengusulkan bagaimana agar di Kukar ini difasilitasi provinsi untuk mempromosikan wisata kita. Kemudian bagaimana kita berkomitmen bersama-sama berkolaborasi mengembangkan wisata daerah masing-masing ,” jelas Slamet.

Diungkapkan Slamet dalam Raker tersebut dirinya juga meminta agar pihak provinsi mau untuk terus membantu meningkatkan kunjungan wisata ke setiap daerah yang sudah memiliki tempat wisata.

“Seperti provinsi yang memfasilitasi peningkatan SDM pengelola wisata dan lainnya. Sehingga tidak hanya fokus terhadap pengembangan wisata namun juga pengelolanya sehingga menumbuhkan ide-ide baru yang tentunya berpengaruh baik terhadap tempat wisata,” tuturnya.

Slamet juga mengatakan bahwa Kukar sepanjang 2023 mengalami peningkatan di bidang wisatanya. Dan peningkatan wisata tersebut diakui daerah-daerah lain. Hal ini dipengaruhi dengan bertambahnya tempat wisata di Kukar dan juga masyarakat yang antusias untuk memilih Kukar sebagai salah satu Destinasi Wisata.

“Masyarakat yang berkunjung tentu mengabadikan momen saat berwisata dan pasti diunggah ke sosmed-sosmed, sehingga orang yang melihat tentu kagum atas destinasi wisata yang kita miliki, terlebih lagi tahun lalu kita banyak konser, otomatis menarik wisatawan,” tutupnya. (adv/*tan)