Dispar-Adwindo Kukar Akan Buka Pendaftaran Pemilihan Duta Wisata 2024

img

Acara seleksi Pemilihan Duta Wisata dan Taruma Dara yang berlangsung Oktober 2023 lalu. (foto dok: Riz_poskotakaltimnews/ist)

 

POSKOTAKALTIMNEWS, KUKAR : Pada 2024, Dinas Pariwisata (Dispar) melalui Asosiasi Duta Wisata Indonesia (Adwindo) Kukar akan menggelar pendaftaran pemilihan Duta Wisata.

 

Kepala Dispar Kukar H Slamet Hadiraharjo melalui Kabid Pemasaran Pariwisata Triyatma mengatakan, pemilihan Duta Wisata akan dilaksanakan pada Mei atau Juni 2024 ini. Nantinya akan dipilih Duta Wisata dan Teruna Dara sekitar 12 pasang.

 

"Untuk kuota pendaftaran tak ada batasan, tapi sudah ditentukan pada grand final sama seperti sebelumnya," kata Triyatma pada Poskotakaltimnews, Senin (12/2/2024).

 

"Kita akan menyeleksi sesuai dengan kriteria dan yang dibutuhkan, untuk itu saya minta setiap Kecamatan bisa mengirimkan keterwakilannya untuk mengikuti seleksi Duta Wisata tersebut," tambahnya.

 

Menurutnya, pemilihan Duta Wisata dan Teruna Dara ini penting dilakukan karena memiliki tugas untuk, mempromosikan pesona budaya, alam, hingga Ekonomi Kreatif (Ekraf) yang ada di Kukar.

 

"Mereka ini merupakan mitra pariwisata yang memiliki tugas selama 1 tahun, ini sangat dibutuhkan karena di Kukar memiliki potensi pariwisata yang luar biasa," ungkapnya.

 

Pihaknya juga terus melakukan sosialisasi terkait dengan adanya pendaftaran Duta Wisata pada 2024, sosialisasi tersebut menyasar ke sejumlah SMA atau sederajatnya.

 

"Belum lama ini juga kami telah lakukan sosialisasi di Kecamatan Sanga Sanga," sebutnya

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada Adwindo Kukar, yang telah berupaya mempromosikan sektor pariwisata selama ini. Harapannya sektor pariwisata di Kukar agar lebih berkembang dan maju, sehingga dapat mewujudkan masyarakat sejahtera. (adv/riz)