Tutup Ramadan Fest, Asisten ll Setkab Kukar Imbau Jaga Kerukunan

img

(Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemerintah Kutai Kartanegara (Kukar) Ahyani Fadianur Diani, bersama OPD lainnya saat resmi menutup Festival Ramadan/pic:tanty)

POSKOTAKALTIMNEWS.COM,KUKAR-Ramadan Fest yang digelar oleh Dinas Pariwisata Kukar, resmi ditutup pada Sabtu (30/3/2024) malam, di Halaman Masjid Agung Sultan Sulaiman Tenggarong.

Ramadan Fest ditutup Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemerintah Kutai Kartanegara (Kukar) Ahyani Fadianur Diani.

Dalam kesempatan itu Ahyani Fadianur Diani menyampaikan kegiatan Festival Ramadan bertujuan memberikan motivasi pemuda dalam meningkatkan keimanan beribadah dan ketakwaan .

“Setiap Ramadan ada beberapa kegiatan yang umumnya dilakukan oleh umat muslim. Selain menjalankan ibadah puasa, juga melakukan ibadah tarawih, itikaf dan memperbanyak tadarrus maupun ibadah lainnya.”ujarnya.

Diungkapkanya bahwa Ramadan merupakan momentum yang kerap dilakukan berbagai kegiatan atau lomba yang bernuansa Islami, hal ini juga sebagai bentuk motivasi dan penyemangat umat muslim dalam melakukan kebaikan. Sebagaimana Ramadan Fest tahun 2024 / 1445 H yang telah dibuka pada tanggal 12 Maret 2024 di lingkungan Masjid Agung Sultan Aji Muhammad Sulaiman Tenggarong.

“Kegiatan ini sangat baik dan kami amat mendukung kegiatan Ramadan Fest ini, untuk bisa dilaksanakan kembali pada Ramadhan yang akan datang. Saya berharap dalam kegiatan ini, tidak saja kemeriahan dan kegembiraan yang kita peroleh, akan tetapi juga menjadi sarana dakwah tentang Islam kepada masyarakat,” katanya.

Ahyani mengimbau melalui kegiatan ini, diharapkan umat Muslim dapat memperlihatkan jati diri Islam yang sesungguhnya dan saling menjaga kerukunan. Meskipun sebagai kelompok yang mayoritas, tidak boleh bersikap arogan. Bahkan sebaliknya, harus merangkul saudara non muslim dengan penuh kasih sayang, sebagaimana yang telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW.

Pada acara penutupan Festival Ramadan turut hadir unsur Forkopimda Kukar, para Asisten dan Staf Ahli, Camat Tenggarong, jajaran DMI Kukar, MUI Kukar, Pimpinan Organisasi Masyarakat dan Keagamaan, peserta lomba dan tamu undangan lainnya .

Kegiatan lomba Ramadan Fest dilangsungkan sejak 24 Maret itu diikuti antusias peserta. Terlebih lagi diselenggarakannya lomba Begerakan Sahur yang memperebutkan Piala Bergilir Bupati.

Dari hasil penilaian panitia penyelenggara, untuk Lomba Begerakan Sahur Piala Bergilir Bupati Juara 1 diraih grup Three Al-Zafaga, Juara 2 grup Al-husna, Juara 3 grup Hsr 49 Fergusion Dan Harapan 1 grup As-sakur. Serta untuk pemenang favorit diraih oleh Darul Mutmainah Mangkurawang.(adv/*tan)