Dispar Siap Memfasilitasi Pelajar Mahasiswa Yang Berada Diluar Daerah untuk Perkenalkan Pariwisata Kukar

img

(Kabid Pemasaran Pariwisata Dispar Kukar, Triyatma/pic:tanty)

POSKOTAKALTIMNEWS,KUKAR: Setelah sukses menggelar beberapa event diluar daerah Kutai Kartanegara (Kukar). Dinas Pariwisata (Dispar) Kukar memberi kesempatan bagi pelajar dan mahasiswa Kukar yang sedang menempuh pendidikan di luar Kukar, untuk membentuk IPM (Ikatan Pelajar Mahasiswa) guna memperkenalkan budaya maupun pariwisata yang dimiliki Kukar.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Bidang (Kabid) Pemasaran Pariwisata Dispar Kukar, Triyatma.

Ia menyebutkan untuk saat ini IPM yang terbentuk baru ada dibeberapa daerah, yakni di Malang, Jogja dan Makkasar.

Berkaca dari pelaksanaan Eroh Bebaya di Jogjakarta pada 7 juni lalu, dan event sebelumnya di kota Malang. Menurutnya misi Dispar Kukar untuk mempromosikan potensi pariwisata Kukar dapat terlaksana dengan baik.

“ Mereka (IPM) sangat pintar mengelola suatu kegiatan sehingga terlaksana dengan baik. Tujuannya bukan lain adalah memperkenalkan pariwisata, budaya keraton, pesisir dan pedalaman. Yang ditampilkan ini adalah potensi Kukar.” ungkap Triyatma kepada Poskotakaltim belum lama ini.

Triyatma juga mengatakan tidak menutup kemungkinan bagi daerah-daerah lain dapat membuat event yang bertujuan mempromosikan pariwisata Kukar. Dan pastinya Dispar Kukar akan mengsupport kegiatan yang memiliki dampak positif kepada daerah Kukar khususnya.

“ Tergantung pelajar dan mahasiswa, sementara ini baru ada tiga ikatan pelajar mahasiswa Kukar yang ada di luar Kaltim, mereka bekerjasama juga dengan Dispar Kukar. Tahun depan kalau memang ada mahasiswa dari Bandung atau darimana saja bisa diakomodir dan dikembangkan.” Jelasnya

Kabid Pemasaran Pariwisata Dispar Kukar ini juga memastikan. Kegiatan yang bertujuan dalam rangka mempromosikan Kutai Kartanegara. Pihaknya siap memberikan support dan fasilitas.

“ Kami siap memfasilitasi, jangan sampai ada kesenjangan di mahasiswa lain. Jadi semua tergantung kondisi. Apakah di daerah lain ada IPM yang mau menyelenggarkan bisa dikoordinasikan. Pastinya kami mendukung.” tutupnya.(*tan)