Pelaku UMKM dan IKM Apresiasi Pemkab Kukar dalam Meningkatkan Ekonomi Masyarakat

img

POSKOTAKALTIMNEWS, KUKAR : Upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar dalam memfasilitasi pelaku UMKM dan IMK di even Kukar Festival Budaya Nusantara (KFBN) yang berlangsung hampir sepekan, 8 – 13 Juli 2024 di halaman parkir Stadion Rondong Demang Tenggarong, merupakan kesembatan bagi pelaku usaha dalam meningkatkan ekonomi usahanya.

 

Pelaku IKM asal Tenggarong Resnah memberikan apreasi dan terima kasih kepada Pemkab, yang telah melibatkan pelaku IKM dan UMKM di Kukar untuk berjualan di stand pameran yang disediakan.

 

Di standnya Ia menjual berberapa produk kerajinan tangan seperti gelang manik hingga pakaian adat Dayak, dan lainnya.

 

"Pakaian adat satu set  dibandrol dengan harga 2 juta rupiah, kalau kerjinan lainnya seperti Songkok  itu sekitar 150 ribu rupiah," kata Resnah sambil menunjukan produk kerajinan usahanya pada Poskotakaltimnews di stand pameran, Senin (8/7/2024).

 

Pihaknya juga mengaku telah sering dilibatkan untuk mengikuti pelaksanaan event oleh pemerintah daerah baik dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Dinas Pariwisata (Dispar) Kukar dan lainnya.

 

Selama mengikuti event yang dilaksanakan pemerintah daerah, sangat banyak perbedaan yang dirasakan terutama peningkatan penjualan produk tersebut. Artinya peminat produk lokal juga sangat banyak dan diakui oleh pengunjung terhadap kualitas produk itu sendiri.

 

Sementara itu Pelaku UMKM asal Tenggarong Seberang Nafsiah menyampaikan hal yang sama. Dengan melibatkan pelaku UMKM di setiap pelaksanaan event merupakan upaya pemerintah daerah dalam mempromosikan produk lokal secara luas.

 

"Terima kasih Disperindag Kukar telah memfasilitasi pelaku UMKM, untuk mengikuti pameran ini," ucap Nafsiah.

 

Adapun produk UMKM yang dijual yaitu, amplang wallet dan kopi wallet. Produk tersebut dijual dari harga 15- 150 ribu, sementara pemasaran produk itu telah keluar daerah hingga mancanegara.

 

Menurutnya, dengan keterlibatan peran pemerintah daerah dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya pelaku UMKM dan IKM.

"Kami berharap kepada pemerintah daerah setiap pelaksanaan event pelaku UMKM dan IKM bisa terus dilibatkan. Karena ini merupakan kesempatan kami, untuk meningkatkan perekonomian," pungkasnya. (adv/riz)