Bupati Berau Dorong Pemanfaatan Pelepah Sawit untuk Pakan Sapi Lokal

img

POSKOTAKALTIMNEWS, BERAU : Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas, mengusulkan kepada Dinas Tanaman Pangan Hortikultura (DTPH) Kabupaten Berau agar pelepah sawit dapat diolah menjadi pakan sapi lokal. Hal ini disampaikan mengingat tingginya kebutuhan pakan ternak yang sebagian besar masih bergantung pada bibit kemasan dari luar daerah dengan harga yang cukup mahal.

 

Bupati Sri Juniarsih menyoroti minimnya perhatian terhadap sapi lokal, sementara sapi dari luar daerah lebih diminati. Ia mengemukakan bahwa edukasi kepada petani sawit mengenai manfaat pelepah sawit sebagai pakan ternak sangat penting.

 

"Banyak pelepah sawit yang dibuang tanpa diketahui manfaatnya. Padahal, pelepah ini bisa dikonsumsi oleh sapi-sapi lokal kita. Selain itu, batang sawit juga memiliki nilai ekonomi tinggi karena dapat dijual atau di ekspor per kontainer dengan harga mahal. Batang sawit dapat diolah menjadi lidi sawit yang bisa diekspor ke Hong Kong," kata Sri Juniarsih, Senin (8/7/2024).

 

Untuk Itu, Sri Juniarsih berharap DTPH dapat berkolaborasi dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) untuk memetakan daerah yang memiliki banyak sawit dan sapi.

 

"Dinas terkait perlu memetakan kampung mana saja yang banyak sawit dan sapinya. Pendampingan dan pembinaan kepada petani dan peternak sangat penting agar tanaman dan ternak berkembang dengan baik, sehingga kita tidak perlu mendatangkan ternak dari luar kota," ujarnya.

Sri Juniarsih yakin bahwa potensi perkebunan dan peternakan di Berau sangat luar biasa. Dengan dukungan dari dinas terkait, potensi ini dapat dimaksimalkan untuk kesejahteraan petani dan peternak di Kabupaten Berau. (Sep/Nad)