Perusda MGRM Akan “Disuntik” Dana Rp5 Miliar

img

TENGGARONG, Pemerintah Kutai Kartanegara membentuk perusahaan daerah (Perusda) baru yakni PT Mahakam Gerbang Raja Migas (MGRM) untuk mengelola Participating Interest (PI) Blok Mahakam 2018 mendatang.

Pada APBD 2018, Pemkab Kukar mengalokasi dana sekitar Rp5 miliar untuk penyertaan modal PT MGRM Kukar.

Plt Edi Damansyah mengaku, pembentukan perusda baru untuk turut mengelola 10 persen PI blok Mahakam merupakan amanah Peraturan Kementerian ESDM.

“Untuk saat ini yang menjadi perdebatan adalah nilai penyertaan modal untuk Perusda yang baru tersebut. Kita berharap bisa seminim mungkin, karena nanti untuk operasional, kemudian membentuk direksi. Angka Rp5 miliar itu adalah nilai maksimal, namun kita sudah berpesan kepada tim Banggar supaya seminim mungkin, karena perusda ini tak memerlukan modal sangat besar,” ungkap Edi.

Edi menyakini, pembentukan perusda baru untuk turut mengelola PI Blok Mahakam, akan dapat memberikan hasil guna menambah pundi pendapatan daerah. Sebab selama ini ketergantungan Kukar terhadap DBH sangat tinggi, sehingga dengan adanya PI maka nantinya nilai pendapatan dipastikan akan bisa bertambah.

“Disisi lain kita harus berupaya untuk menggali potensi yang ada, terutama sumber alam yang dapat diperbarui untuk bisa menghasilkan pendapatan,” terangnya.awi/poskotakaltimnews.com