Distanak Kukar Akan Bangun Irigasi Secara Merata di 3 Zona

img

Kepala Distanak Kukar, Muhammad Taufik

 

POSKOTAKALTIMNEWS, KUKAR : Sebanya 89 titik aliran irigasi akan dibangun oleh Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kukar pada masa kepemimpinan Bupati Kukar Edi Damansyah dan Wakil Bupati Kukar Rendi Solihin, periode 2021-2026.

 

Kepala Distanak Kukar Muhammad Taufik mengatakan, pembangunan irigasi dilakukan secara merata baik zona hulu, tengah maupun pesisir. Pembangunan tersebut bertujuan untuk mengatasi kendala pasokan air, pada sektor pertanian.

 

"Kita juga akan memperluas jaringan pipanisasi, untuk meningkatkan pasokan air. Seperrti yang dilakukan di desa Rapak Lamburyang dinilai berhasil mengairi sejumlah lahan pertanian," kata Muhammad Taufik pada media, Selasa (26/3/2024).

 

Hal itu dilakukan merupakan komitmen dan dukungan pemerintah daerah, terhadap sektor pertanian. Karena sektor pertanian menjadi program strategis pemerintah daerah.

 

"Kami terus berupaya memajukan sektor pertanian, berbagai upaya telah dilakukan baik pembangunan irigasi, pompanisasi, pipanisasi, hingga pupuk subsidi," ujarnya.

 

Pihaknya akan memperjuangkan apa yang menjadi kebutuhan para petani dan merealisasikannya sesuai dengan kemampuan keuangan daerah.

 

Ia juga menyebutkan, bantuan sarana dan produksi (saprodi) pertanian mendapatkan apresiasi dari para petani. Karena para petani merasa terbantu dengan adanya bantuan saprodi dari pemerintah daerah.

 

"Para petani ketika mendapatkan bantuan senangnya sangat luar biasa, karena mereka menilai bantuan tersebut sangat bermanfaat untuk mendukung sektor pertanian," sebutnya. (adv/riz)