Pemerintah Kabupaten Berau Dorong Penyadaran Pendidikan Anak Usia Dini

img

POSKOTAKALTIMNEWS, BERAU : Bupati Berau Sri Juniarsih Mas menegaskan komitmennya untuk meningkatkan perhatian terhadap pendidikan masyarakat melalui Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

 

Dalam Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Tahun Anggaran 2023, Bupati Sri Juniarsih Mas menyoroti pentingnya PAUD sebagai fondasi utama dalam membentuk karakter anak sejak usia dini.

 

Meskipun program pendidikan anak usia dini menjadi prioritas dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Dinas Pendidikan Kabupaten Berau, realisasi Angka Partisipasi Kasar (APK) PAUD masih belum optimal.

 

"Dari target 100%, capaian hanya mencapai 89,81% pada tahun 2022," ungkap Sri, Kamis (4/4/2024).


Baca Berita Lainnya :

PMT BAAS Kontribusi Nyata PT Berau Coal Tangani Stuting Di Kabupaten Berau

Persiapan  Pengamanan Lebaran 1445 H, Polres Berau Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat


Menurut Bupati Sri Juniarsih Mas, tantangan utama dalam meningkatkan APK PAUD adalah kurangnya kesadaran masyarakat untuk menyekolahkan anak sejak usia dini.

 

"Kebijakan pemerintah yang tidak mewajibkan lulus PAUD sebagai syarat masuk SD juga menjadi faktor penghambat," Paparnya

 

Bupati Sri Juniarsih Mas mengajak orang tua untuk turut serta dalam mendampingi anak-anak mereka dalam menempuh pendidikan PAUD.

 

Selain itu, upaya akan dilakukan untuk mengatasi masalah izin operasional bagi lembaga PAUD dan meningkatkan akses pendidikan bagi masyarakat rentan ekonomi.

Dengan komitmen kuat dari Pemerintah Kabupaten Berau di bawah kepemimpinan Bupati Sri Juniarsih Mas, diharapkan tingkat partisipasi pendidikan anak usia dini akan meningkat, serta memberikan pondasi yang kuat bagi perkembangan generasi muda Berau. (Sep/Nad/Advetorial)