Kabupaten Berau Mengalami Peningkatan Volume Sampah Pasca Lebaran

img

POSKOTAKALTIMNEWS, BERAH : Setelah perayaan Idulfitri, lonjakan volume sampah bertambah secara signifikan di Kabupaten Berau. Kepala Bidang Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Berau, Suhardi mengatakan peningkatan tidak hanya terjadi setelah lebaran, tetapi juga selama bulan puasa.

 

"Masalah ini telah melanda dari bulan puasa hingga Idulfitri," ucap Suhari, Kamis (25/4/2024).

 

Suhardi menjelaskan bahwa penyumbang sampah berasal dari industri dan rumah tangga, terutama dari warung-warung masyarakat, menjadi kontributor utama selama bulan puasa hingga Lebaran.

 

"Peningkatan volume sampah mencapai sekitar 5 hingga 10 persen, terutama di kawasan Tanjung Redeb," ujarnya.

 

Meskipun demikian, pihak DLHK Berau terus berupaya membersihkan sampah di kawasan perkotaan untuk memastikan kenyamanan bagi penduduk lokal dan wisatawan. Meskipun peningkatan sampah cukup signifikan, mereka berusaha untuk segera mengelolanya dengan menimbunnya di Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Kendati demikian, upaya pencegahan dan pengelolaan sampah secara berkelanjutan tetap menjadi fokus utama pemerintah setempat untuk menjaga keindahan dan kebersihan Kabupaten Berau, yang merupakan destinasi wisata yang menarik di Bumi Batiwakkal. (Sep/Nad)