Pemprov Kaltim Bertekad Wujudkan Kemandirian Pangan

Admin 28 Mei 2019
img

Hadi Mulyadi

SAMARINDA–Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi mengatakan,  kemandirian dan kedaulatan pangan menjadi target dan prioritas Pemprov Kaltim ke depan. Untuk mewujudkan hal itu, Pemprov sudah memiliki tekad agar Kaltim mengembangkan dan menjadikan sektor pertanian dalam arti luas sebagai program prioritas pembangunan.

" Salah satu proritas Kaltim berdaulat  dalam RPJMD Provinsi Kaltim  2018-2023 adalah mewujudkan ketahanan pangan dan pengembangan komoditas  agroindustri unggulan,  tentunya ke depan mendapatkan perhatian serius dan semua permasalahan yang ada telah kita inventarisir dan akan dibenahi kedepan," kata Hadi Mulyadi usai membuka Gebyar Pangan Murah, yang dilaksanakan Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Holtikultura Kaltim, Senin (27/5/2019).

Hadi Mulyadi mengakui, harus diatur produksi pertanian dengan perdagangan dan dengan pihak konsumen, rantai produksi sampai penjualan harus dijaga dengan baik, jangan sampai ada kelompok tertentu yang manahan maupun menyimpan bahan pakok, yang menimbulkan harga kebutuhan tersebut tidak terkendali.

"Oleh karena itu sinergitas antar dinas instansi maupun lembaga terkait harus ditingkatkan, sehingga hal-hal yang dapat menghambat program bisa diatasi dengan baik," kata Hadi Mulyadi  

Ke depan, lanjut Hadi  harus bisa mencari mitra dengan pihak  swasta yang dapat mempercepat pembangunan sektor pertanian dalam  guna mewujudkan kemandirian dan ketahanan pangan di Kaltim, selain itu, hal-hal lain yang juga perlu mendapatkan perhatian serius adalah yang berkaitan dengan jaringan irigasi, jalan-jalan usaha tani serta infrastruktur bagi nelayan.

"Diperlukan pemikiran-pemikiran dari berbagai pemangku kepentingan dan masyarakat dalam rangka perbaikan pembangunan kedepan yang lebih baik dan dilaksanakan secara bersama-sama untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat," kata Hadi Mulyadi.

Kepala Dinas PTPH Kaltim H Ibrahim mengakatakan kegiatan gebyar pangan murah merupakan kegiatan  rutin dinas PTPH Kaltim yang dilaksanakan  dua sampai tiga kali, baik  untuk menyambut bulan suci ramadan maupun menjelang Hari Raya Idul Fitri, dan kegiatan ini merupakan kerjasama dengan bulog, Disperindagkop Kaltim, distribhutor,  para kelompok tani, UKM-UKM binaan dinas instansi terkait lainnya.

"Kegiatan gebyar pangan murah ini, merupapkan upaya kita dalam membantu masyarakat dan karyawati dari berbagai organisasi perangkat daerah dalam pemenuhan kebutuhan pokok menjelang Hari Raya Idul Fitri 1440 H," kata Ibrahim.

Usai membuka, kemudian Wagub Hadi Mulyadi didampingi Kepala Dinas PTPH Kaltim H Ibarhim melakukan peninjuan stan-stan yang menjual berbagai kebutuhan pokok, mulai beras, gula pasir, minyak goreng,  bawang  merah, bawang putih, berbagai jenis minuman sirup, daging, telor ayam, berbagai jeni buah-buahan serta kebutuhan lainnya.(mar/poskotakaltimnews.com)

Admin
RELATED POST