Disperindagkop dan UKM Kaltim Gelar Diklat Koperasi Kabupaten/Kota

img

SAMARINDA - Dinas Perindustrian Perdagangan, Koperasi (Disperindagkop) dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Provinsi Kaltim terus melakukan upaya pembinaan koperasi, seperti melakukan pendidikan dan pelatihan (diklat) bagi pengurus dan pengawas koperasi, sehingga pengembangan koperasi susuai dengan prinsip kemandirian, transparansi, akuntabilitas profesionalisme, dan konpetitif.

Kepala Disperindagkop dan UKM Provinsi Kaltim Fuad Asaddin mengatakan, diklat yang dilaksanakan tersebut merupakan bagian pembinaan kelembagaan, pengembangan sumber daya manusia dan bimbingan teknis guna mendorong pertumbuhan dan pengembangan koperasi ke arah yang aktif dan meningkatkan kinerjanya sesuai prinsip-prinsip perkoperasian.

"Ini sangat penting kita laksanakan mengingat koperasi sebagai soko guru perekonomian bangsa perlu ditingkatkan kinerjanya, sehingga terwujud koperasi yang berkualitas, produktif dan dapat mencerminkan pengelolaan yang transparan dan bertanggungjawab," kata Fuad Asaddin, saat membuka diklat pengelolaan koperasi yang baik bagi koperasi perikanan, pertanian dan peternakan yang dilaksanaakn di Hotel MJ Samarinda, Jumat (3/3).

Fuad Asaddin mengharapkan, melalui diklat yang diikuti peserta se-kabupaten/kota tersebut dapat menambah wawasan dan pemahaman yang benar tentang jati diri koperasi, sehingga dapat menggerakkan koperasi kearah yang lebih maju.

"Serta dapat mengaplikasikan hasil-hasil diklat dan mampu menyusun langkah-langkah perbaikan kedepan, sehingga koperasi dapat memberikan kontribusi dalam mensejahterkan anggotanya," harapnya. m4r-poskotakaltimnews.com