SDN 010 Tenggarong Punya Posyandu

Admin 02 Nov 2019
img

Peresmian posyandu SDN 010 Tenggarong

TENGGARONG- Saat ini, SDN 010 Tenggarong sudah memiliki posyandu internal sekolah, sebagai upaya mendukung program Gerakan Masyarakat Sehat(Germas). Posyandu SDN 010 merupakan posyandu ke tiga yang dimiliki sekolah setingkat SD.

"Rencananya posyandu Tunas Bangsa milik sekolah kami, akan diresmikan tahun depan, tapi kami percepat, tahun ini sudah kami resmikan," kata Kepala SDN 010 Tenggarong, Juminem,  Sabtu(02/11/2019) pagi.

Dia menambahkan, Posyandu SDN 010 bekerjasama dengan puskesmas Loa Ipuh dalam hal pembinaan dokter ciliknya selama tiga tahun. Kegiatan rutin posyandu sekolah melakukan pemeriksaan kesehatan bagi siswa setiap sebulan sekali.

"SDN di Tenggarong yang punya posyandu selain kami, adalah SDN 011 dan 018," jelasnya.

Sementara itu, Pj Pengelolaan UKS puskesmas Loa Ipuh, Masliana mengatakan, tugas kami adalah melakukan pembinaan dokter cilik di SDN 010, yang nantinya bisa membantu tahap pemeriksaan kesehatan bagi siswa yang akan dilakukan tiap bulannya secara rutin bersama jajaran puskesmas.

"Tahapan pemeriksaan kesehatan yang akan dilakukan, yaitu pemeriksaan tinggi dan berat badan, pemeriksaan mulut dan gigi, serta pemeriksaan pendengaran," ujarnya.

Masliana menambahkan,  jika saat pemeriksaan ditemukan anak yang kurang gizi, maka akan dilakukan pemberian makanan tambahan, jika diharuskan pemberian obat, maka akan dilakukan pemberian obat.

Sementara itu, Kabid Dikdas Disdikbud Kukar, Tulus Sutopo mengatakan, mengapresiasi inisiatif SDN 010 membentuk posyandu sekolah.

"Sekolah lain bisa mencontoh apa yang dilakukan SDN 010," pungkasnya.(and/poskotakaltimnews.com)

Admin
RELATED POST