Pemkab Kukar Akan Berantas Katarak

img

(Bupati Edi Damansyah bersama Waka polres kukar Kompol Wiwid Adi Satria, menyempatkan beramah tamah bersama pasien katarak) 

TENGGARONG- Pemkab Kukar akan berantas penyakit katarak dimasyarakat, melalui bekerjasama dengan Polres Kukar, diperkirakan penderita katarak di Kukar cukup tinggi.

"Kita akan MOU dengan Polres untuk program pemberantasan katarak di kukar," jelas Bupati Kukar Edi Damansyah, saat menghadiri program operasi katarak gratis, garapan Polres Kukar, Selasa(3/3/2020) pagi di RSUD AM Parikesit Tenggarong Seberang.

Edi menjelaskan, program sinergitas antara pemkab dan Polres Kukar bisa berjalan dengan baik, diawali dengan pengumpulan data penderita katarak dari puskesmas yang ada di 18 kecamatan, agar dapat mengetahui profile kesehatan masyarakat, agar menjalan program sosial seperti operasi katarak bagi masyarakat miskin tepat guna dan sasaran.

"Nantinya, keterlibatan dengan polres kukar, bukan hanya penanganan berantas katarak, tapi program nasional bisa dilakukan, seperti meminimalisir Stunting(tubuh kurang berkembang,red) dimasyarakat," ujarnya.

Edi menyebut dari data nasional, setiap dari 2 juta penduduk terdapat 1,5 persen menderita, ini menjadi perhatian serius pemkab kukar.

"Kita akan validasi masyarakat, untuk mengetahui kondisi yang sebenarnya, berapa penderita katarak di kukar," ucapnya.

Sementara itu, Waka polres kukar Kompol Wiwid Adi Satria mengatakan, siap mendukung program priotas pembangunan nasional, seperti pemberantasan katarak dan stunting, bagi masyarakat kurang mampu, kerjasama dengan pemkab kukar merupakan energi positif antar kelembagaan untuk mengabdi ke masyarakat.

"Pada saat kami buka pendaftaran, yang mau ikut operasi 150 orang, namun saat ini yang bersedia hanya 30 orang saja, karena masyarakat masih banyak yang belum faham, operasi katarak saat ini lebih mudah, dan sangat berbeda dengan operasi lainnya," pungkasnya.(and/poskotakaltimnews.com)