Corona Pengaruhi Kunjungan Wisman ke Kaltim

img

(Ilustrasi Corona Virus)

SAMARINDA-Dampak menggelobalnya virus corona di berbagai negara, juga berdampak  pada kunjungan Wisatawan Mancanegara (Wisman) ke Kaltim.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kaltim Dra.Sri Wahyuni, mengakui mewabahnya viros corona juga  berdampak pada kunjungan Wisman ke Kaltim.

"Berdasarkan yang di sampaikan Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) memang ada pengaruh, artinya ada wisatawan yang semula memesan  perjalanan ke Kaltim, tetap takut penyebaran virus corona, dia membatalkan, hal itu terjadi karena perjalanan ke Kaltim juga terkait dengan perjalanan  ke daerah lain.

" Sehingga ketika Wisman membatalkan perjalanan di daerah lain di Indonesia,     otomatis rencana perjalanan ke Kaltim juga dibatalkan, hal seperti inilah yang mempengaruhi kunjungan wisman ke Kaltim, artinya merebaknya virus corona ada pengaruhnya  terhadap pembatalan kunjungan wisman ke Kaltim," kata Sri Wahyuni.

Ditambahkan, berdarkan informasi baru bahwa daerah yang mempunyai kelembapan tinggi termasuk daerah yang aman untuk penyebaran virus corona, apalagi Menteri Pariwisata telah mengeluarkan promosi khusus kepada Wisman bahwa Indonesia merupakan  daerah yang aman.

" Kita juga bergarap kalau di Indonesia kan untuk wisman dari  negara eropa, dan   Kaltim masih menjadi rujukan untuk destinasi wisata setelah Bali," tandasnya.

Sri Wahyuni mengharapkan  dengan kejadian seperti  ini, harus menjadi perhatian bersama dan harus ada antisipasinya, misalnya promosi harus terus dilakukan, bahwa daerah Kaltim masih aman untuk dikunjungi.

" Kita harus  gencar melakukan promosi, bahwa destinasi wisata di Kaltim masih aman dikunjungi," ujarnya.

Sri Wahyuni juga meminta kepada media agar dapat menginformasikan bahwa destinasi yang ada di Kaltim masih aman untuk di kunjungi, jangan hanya isu virus coronanya  saja yang diangkat. Tapi juga dapat menginformasikan Kaltim masih aman," pinta Sri Wahyuni.(mar)