Stok Darah di PMI Kukar Kosong

img

(Staf di Sekretariat PMI Kukar)

TENGGARONG, Stok darah di Palang Merah Indonesia (PMl) Kabupaten Kutai Kartanegara mengalami kekosongan sejak merebaknya COVID-19 dan belum adanya kegiatan donor darah massal di sejumlah instansi.

Meski stok darah di PMI Kukar mengalami kekosongan, tetapi permintaan pendonor darah tetap meningkat, hal ini di karenakan darah yang di donorkan langsung di berikan ke pasien atau keluarga pendonor yang meminta.

“Untuk saat ini stok darah yang free  kosong semua, sedangkan yang banyak untuk saat ini cuma stok orang, karena pendonor sekarang rata-rata langsung untuk pasien. Jadi untuk pendonor yang suka rela sudah jarang untuk saat ini.” Ujar M. Hasanuddin, selaku Staf Unit Transfusi Darah (UTD)

Sementara itu, menurunya jumlah donor darah ini disebabkan tidak ada lagi kegiatan donor darah massal usai merebaknya COVID-19. Pasalnya, selama kebijakan membatasi diri keluar rumah dan pembatasan atau larangan berkumpul dalam jumlah yang banyak membuat sejumlah organisasi, instansi, dan perusahaan menunda kegiatan donor darah. 

“Terakhir kita lakukan kegiatan donor darah di Kodim 0906/Tenggarong itu juga harus dibatasi, yang harusnya persertanya 60 orang menjadi 30 orang. Sehingga kita hanya mendapatkan 7 kantong darah saja.”   Jelasnya 

PMI pun menghimbau para pendonor untuk tidak perlu khawatir atau takut mendonorkan darahnya di tengah merebaknya virus corona atau Covid-19. “Orang yang melakukan donor darah adalah orang yang sehat dan silahakan datang ke PMI Kukar, Kita juga menyiapakan sabun cuci tangan dan alat mengukur suhu badan. “katanya. (dra)