Solihin: Anggaran Tambahan Pilkada Diusulkan ke Pemkab Kukar

img

 (Ilustrasi Pilkada Serentak 2020)


TENGGARONG, KPU (Komisi Pemilihan Umum) Kutai Kartanegara telah menyampaikan surat permohonan kepada Bupati Edi Damansyah, terkait dengan usulan penambahan anggaran KPU untuk pelaksanaan Pilkada pada 9 Desember 2020 mendatang.

Anggaran tambahan tersebut digunakan untuk pengadaan Alat Pelindung Diri (APD), APD sangat penting sekali digunakan para petugas penyelenggara pemilu sebagai pencegahan ditengah wabah Covid-19.  , kemudian penambahan 123 TPS dan honor ad hoc, dengan nilai kisaran sekitar Rp12,37 miliar.

Sebelumnya anggaran Pilkada Kukar yang disetujui pemerintah sebesar Rp.84,8 miliar.

Sekretaris KPU Kukar Solihin, saat dikonfirmasi Poskotakaltimnews.com menyampaikan bahwa surat usulan penambahan anggaran Pilkada Kukar telah disampaikan ke KPU pusat.

“Usulan anggaran tambahan untuk Pilkada Kukar yang tak terkomodir di pusat, maka kita mohonkan ke Pemkab Kukar. Surat permohonan penambahan anggaran untuk pelaksanaan Pilkada sudah kita sampaikan Pemkab Kukar,” kata Solihin Rabu 24 Juni 2020.

KPU Kukar menurut Solihin, belum mengetahui apa saja usulan yang disetujui oleh KPU pusat terkait penambahan anggaran untuk Pilkada Kukar.

Solihin juga menambahkan bahwa tahapan pada Pilkada Kukar 2020, untuk saat ini yakni proses verifikasi faktual (Verfak) calon perseorangan, yang mana jadwalnya diagendakan mulai 24 Juni sampai 12 Juli 2020 mendatang.(awi)