Wagub Resmikan Masjid Nurul Mu'minin

img

(Peresmian Masjid Nurul Mu'minin Pemprov Kaltim)


SAMARINDA- Masjid Nurul Mu'minin Pemprov Kaltim telah diresmikan. Diharapkan masjid yang menampung kapasitas 3.500 jamaah ini dapat menjadi simbol pemersatu umat, baik umat muslim maupun non muslim. 

Hal ini, karena di sekitar masjid terbangun juga tempat ibadah umat non muslim, baik Khatolik maupun Protestan. Sehingga diharapkan, dengan terbangun dan dioperasionalkan masjid ini dapat menyatukan keberagaman di Benua Etam khususnya masyarakat Kota Tepian. 

"Kami berharap masjid ini menjadi simbol pemersatu umat beragama. Bahkan, menjadi simbol kesejahteraan dan kebaikan masyarakat Islam maupun Non Muslim," kata Wagub Kaltim H Hadi Mulyadi usai peresmian masjid, Jalan Kinibalu Samarinda, Kamis (20/8/2020).

Atas nama Pemprov Kaltim maupun pribadi, Wagub Hadi mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia pembangunan masjid hingga diresmikan. Begitu juga kepada Gubernur Kaltim 2008-2018 Awang Faroek Ishak yang telah menginisiasi pembangunan tersebut.

Masjid Nurul Mu'minin diharapkan dapat dimanfaatkan dengan baik untuk kegiatan keagamaan umat muslim. Siapa saja silahkan memanfaatkan masjid tersebut. Terutama masyarakat sekitar di lingkungan masjid. 

"Kita berharap masjid ini menjadi ikon Kota Samarinda selain Masjid Islamic Center Kaltim," jelasnya.

Kadis PUPR Kaltim HM Taufik Fauzi mengatakan, desain masjid ini dipadukan dari beberapa masjid di Timur Tengah, termasuk salah satu menara yang dibangun didesain mengikuti salah satu masjid di Abu Dhabi. 

"Semua berdasarkan saran beberapa tokoh agama Islam, Sehingga pembangunan ini di desain bagus. Diharapkan nyaman digunakan umat muslim siapa saja yang beribadah ke masjid ini," jelasnya.

Peresmian ditandai dengan penandatangan prasasti dan pemotongan pita oleh Wagub Kaltim H Hadi Mulyadi. Dirangkai penyerahan jubah Koordinator Imam dan Muadzin serta imam dan muadzin terpilih hasil seleksi. 

Kemudian dirangkai juga penyerahan bantuan kiswah ka'bah dari Keluarga Besar Almarhun H Ence Abdoessamad dan Hj Adji Syahrizad Samad. Serta bantuan dua jam besar oleh H Mulyadi. Hadi Mulyadi juga menerima secara simbolis kyuris (Qris) akun pembayaran non tunai untuk Masjid Nurul Mu'minin melalui Bankaltimtara Syariah diserahkan oleh Pemimpin Divisi Perencanaan dan Operasional Faturrahman. (mar/poskotakaltimnews.com)