Petani Desa Rantau Pulung Wakili Kalimantan ke Jepang

img

TANA PASER, Slamet petani asal Desa Rantau Panjang mewakili Kalimantan magang selama satu tahun ke Jepang mulai April 2017. Sebelum bertolak ke Jepang, Slamet ditemani Kepala Seksi Kelembagaan Dinas Pertanian Dadang Suherman SPi diterima Bupati Paser Yusriansyah Syarkawi di Pendopo, Kamis (23/3) kemarin. 

Dalam kesempatan itu Bupati menyampaikan apresiasi kepada Slamet karena berhasil keluar sebagai satu-satunya petani yang mewakili Kalimantan ke internasional. 

“Semoga pengalaman yang di dapat selama di Jepang bisa berguna untuk membangun Paser ke depan, terutama di bidang pertanian,” kata Bupati.

“Karena ini mewakili Kalimantan maka sudah seharusnya ada juga perhatian dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur,” lanjut Bupati. Sayang sekali Slamet tidak sempat melapor ke Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur.

Slamet lolos seleksi regional Kalimantan yang dilsakanakan oleh Kementerian Pertanian melalui Balai Besar Penyuluhan Pertanian (BBPP) Binuang. Program ini adalah kerjasama Kementerian Pertanian dengan Jepang dan sudah berlangsung selama 35 tahun. Slamet adalah peserta kelima dari Paser yang mengikuti kegiatan ini.

Tampak terlihat hadir petani pada kesempatan itu, petani Paser yang magang ke Jepang tahun 2014-2015 lalu, M Supardi dari Desa Padang Pengrapat.(nyom/taf-poskotakaltimnews.com)