Pembelajaran di Rumah Bukan Menghilangkan Peran Guru

img

(Hj Norbaiti)


SAMARINDA-Bunda PAUD Kaltim Hj Norbaiti Isran Noor mengingatkan para orang tua, bahwa pembelajaran anak usia dini di rumah tidak sama sekali bermaksud menghilangkan peran para guru. Keterlibatan orang tua di rumah dalam proses belajar anak, lebih dimaksudkan agar ada jaminan keberlangsungan proses pembelajaran untuk anak.

“Ini penting dicatat. Orang tua di rumah bukan untuk menggantikan semua peran guru di sekolah. Jadi, pendidikan di rumah tidak harus sama dengan di sekolah,” kata Norbaiti saat menjadi Keynote Speaker dalam Webinar Kelas Orang Tua Berbagi,   Mendampingi Anak Usia Dini Belajar di Rumah, Senin (28/9/2020).

Yang pasti kata Norbaiti, pembelajaran anak di rumah bukan untuk pencapaian kurikulum, tapi lebih pada keberlangsungan proses pembelajaran, seperti penguasaan kecakapan hidup sederhana dan tumbuhnya karakter anak. 

Norbaiti melanjutkan, pembelajaran di rumah seharusnya lebih mengarah ke kontekstualisasi apa yang ada di sekitar rumah dengan melibatkan anak dalam kegiatan rutin harian di rumah.“Pembelajaran seperti ini juga akan memberi makna bagi anak-anak kita,” kata Norbaiti.

Aturan belajar di rumah (learn from home) tertuang dalam Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020.  “Sementara bagi guru dan mereka yang bekerja di satuan PAUD harus bekerja dari rumah (work from home),” tukasnya.

Edaran ini diperkuat dengan keputusan bersama Mendikbud, Kemenkes, Kemendagri dan Kemenag yang intinya kata Norbaiti, kesehatan dan keselamatan peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, keluarga dan masyarakat merupakan prioritas utama.

“Pembelajaran tatap muka hanya dibolehkan di daerah zona hijau,” tambah Norbaiti.

Keputusan bersama para menteri juga mengatur pemberian perluasan pembelajaran tatap muka di zona kuning dan pemberlakukan kurikulum darurat untuk kondisi khusus. 

Webinar dibuka oleh Kepala BP PAUD dan Dikmas Akhmad Romansyah. Narasumber lainnya, Direktur Yayasan Psikologi Clarinta, Dwita Salverry.(mar/poskotakaltimnews.com)