Dispora Kukar Adakan Program Wirausaha Muda Berprestasi

img

(H Awang Ilham Kadispora Kukar)


TENGGARONG, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kukar mengadakan program wirausaha muda pemula berprestasi tingkat Kabupaten Kutai Kartanegara.

H Awang Ilham selaku Kepala Dispora mengatakan, pada 2020 ini Dispora mengadakan pemilihan wirausaha muda berprestasi, program tersebut baru pertama kali di gelar, dimana pendaftaran dimulai 1-30 Oktober 2020, nantinya akan dilaksanakan pada 2-3 Desember 2020, dan kegiatan ini nanti berjenjang tingkat provinsi dan ke tingkat nasional.

“Segera daftarkan diri anda, untuk mengikuti wirausaha muda berprestasi tingkat kabupaten ini, pendaftaran dimulai sejak 1 Oktober sampai 30 Oktober 2020, dan pelaksanaan nya pada 2-3 Desember 2020”katanya kepada poskotakaltimnews diruang kerjanya, Selasa (20/10/2020).

Ia mengatakan, untuk pemilihan wirausaha muda berprestasi Terdapat beberapa persyaratan yaitu mengisi formulir pendaftaran, pemuda usia 16-30 tahun, harus memiliki usaha minimal satu tahun usaha tersebut sudah jalan, usaha tersebut tidak melanggar peraturan perundang undangan, belum pernah mendapatkan penghargaan lain, Foto copy KTP, pas foto 4x6 sebanyak 2 lembar, Surat pengantar Desa/Kelurahan sebagai bukti usaha tersebut sudah berjalan satu tahun.

Dikatakan Awang, untuk kegiatan tersebut terdapat jenis jenis usaha yang sudah di kategorikan yaitu, industri kreatif,  dimana usaha yang berdasarkan kreativitas atau keterampila, kedua teknopreneur, dimana seorang wirausaha yang mengerjakan bisnis berdasarkan kecakapan, ketiga Sociopreneur (wirausaha social) yaitu, memahami adanya masalah social yang artinya memiliki pengembangan penuh terhadap masyarakat sekitar, kelima Religiopreneur adalah wirausaha muda kreatif yang bisa menciptakan nilai tambah suatu produk tersebut.

“Kegiatan tersebut memberi kesempatan para ahli di bidang usaha untuk menunjukkan bagaimana fashion mereka sudah berusaha dan mengelola dengan baik usahanya tersebut, dari segi mencatat pembukuan, marketing, melakukan pengembangan usaha. Dimana usaha tersebut bisa di kelola dengan baik maka terlihatlah mereka pelaku usaha yang menggunakan manajemen yang baik, dengan manajemen yang baik ini kita nilai” kata Awang.

“ Harapannya kesempatan ini dimanfaat kan sebaik mungkin untuk para pemuda khususnya di Kukar, dan ayo bergabung mendaftarkan diri karena ini peluang bagi kita semua serta nanti bagi pemenang mendapatkan hadiah total Rp. 30 juta,”tambahnya.(*riz/poskotakaltimnews.com)