Jelang Natal dan Tahun Baru 2021, Stok Sembako di Kaltim Aman

img

(HM Yadi Robyan Noor)


SAMARINDA - Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur melalui Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop UKM) memastikan stok (ketersediaan) bahan pokok (Bapok) di daerah masih aman, hingga menjelang hari besar keagamaan sampai memasuki tahun 2021.

Kepala Disperindagkop UKM Kaltim HM Yadi Robyan Noor, mengatakan, komoditas beras cukup dua bulan kedepan.

Dia memastikan kalau ada pertanyaan, bagaimana menjelang dan memasuki hari besar keagamaan. Maka, stok beras masih aman.

"Januari kita akan bekerja lagi (datangkan), tentu terus kita dalami untuk  penyediaannya, peredaran dan distribusinya," kata Roby, sapaan akrab HM Yadi Robyan Noor kepada Poskotakaltimnews.com di Kantor Gubernur Kaltim, Rabu 16 Desember 2020.

Selain itu, gula pasir yang stoknya diperkirakan hingga 4 bulan lebih. Minyak goreng sampai enam bulan dan komoditas bahan pokok lainnya dalam kondisi aman.

"Jadi, kalau kami rata-ratakan dari data lapangan, update sampai per 12 Desember kemarin. Maka, kira-kira stok kita mampu bertahan hingga rata-rata 3 bulan lebih satu hari," sebut Roby.

Namun, angka-angka ini diakui Roby masih aman, selama tidak ada lonjakan atau kebutuhan mendadak sebab bencana alam atau semacamnya. Sehingga mengharuskan segera mengeluarkan persediaan (stok) yang sudah ada.

Selain stok, Roby menyampaikan hal penting menjadi isu nasional menjelang dan memasuki hari besar keagamaan, yakni harga bahan pokok.

Diungkapkannya, disparitas atau gap harga antar kabupaten dan kota pasti ada, khususnya rata-rata harga jual tertinggi (HET) daerah pedalaman dan terpencil yang harus dibantu (subsidi).

Roby menegaskan pihaknya memiliki tim khusus yang setiap hari melakukan pemantauan harga dan stok (ketersediaan) bahan pokok di setiap daerah se Kaltim, khususnya di pasar-pasar.

Tim ini ujarnya, terdiri dua petugas yang bertugas memonitor harga dan stok di pasar-pasar dari pagi hingga pukul 10.00 Wita, selanjutnya melaporkan secara update.

"Semoga atas sinergi dan arahan Bapak Gubernur melalui Pak Sekda, kami selalu siap. Saya sampaikan stok aman dan harga stabil," pungkas Roby.(mar/poskotakaltimnews.com)