Meteran Air Warna Kuning Tanda Penerima Hibah

img

BALIKPAPAN, Tahun 2017 PDAM Balikpapan kembali mendapatkan bantuan dana hibah untuk pemasangan sambungan air bersih ke masyarakat. Tetapi bantuan ini bukan lagi dari Australia dan Amerika seperti 6 tahun kebelakang, melainkan dari pemerintah pusat lewat APBN. Hal ini juga membuat persyaratan bagi penerima hibah menjadi lebih ketat. Dimana harus dipastikan masyarakat berpenghasilan rendah terlayani.

"Listrik harus 900 Watt dan rumah tak boleh bertingkat," ungkap Direktur Umum PDAM Gazali Rachman baru ini.

Skema penerimaan hibah ini akan diterima lewat penyertaan modal, setelah terlebih dahulu PDAM mengerjakan kegiatannya.

"Kita modalin dulu, pasang sampai selesai, baru kita laporan ke pemerintah pusat. Setelah diverifikasi selesai, baru bantuan tersebut keluar," katanya.

Jumlah bantuan yang diterima tahun 2017 yakni sekitar 800 sambungan rumah, lebih kecil dari tahun 2016 tahun lalu yang memperoleh hingga 1.000 sambungan rumah. Ada ciri khusus untuk mudah mengenali penerima bantuan hibah sambungan air PDAM, yakni meteran air berwarna kuning.

"Kalau biru itu bukan penerima bantuan, cirinya meteran berwarna kuning, sangat mudah dikenali," katanya.

Tahun 2016 lalu, PDAM Balikpapan menjadi daerah percontohan untuk skala Kalimantan Timur. "Dimana semua PDAM belajar bagaimana mengelola air bersih untuk melayani masyarakat, “pungkasnya.(mid-poskotakaltimnews.com)