DPTPH Siap Kembangkan Food Estate

img

(Lahan pertanian, foto:ist)

SAMARINDA - Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur melalui Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura (DPTPH) Kaltim, mendapat kepercayaan dari Kementerian Pertanian untuk mengembangkan kawasan pertanian tanaman pangan melalui program food estate.

"Kami memiliki satu tugas dari kementerian. Selain, meningkatkan produktifitas dan mengembangkan komoditi tanaman pangan, juga membangun kawasan industri pertanian atas kawasan food estate," kata Kepala Dinas Pangan TPH Kaltim Siti Farisyah Yana, Jumat (29/1/2021).

Menurut Yana, kawasan food estate yang dimaksudkan Kementerian Pertanian meliputi wilayah Kabupaten Paser dan Penajam Paser Utara.

Sebab, lanjutnya, wilayah dua kabupaten itu memiliki hamparan lahan seluas puluhan ribu hektar yang terintegrasi dalam satu kawasan.

Namun pihak kementerian dijelaskannya, memilih dua kabupaten itu yang saat ini terdata lahan seluas sekitat 2.500 hektar.

"Kita akan lebih intensif berkoordinasi dan berkomunikasi dengan kepala daerah setempat untuk memastikan ketersediaan lahan," ujar Yana.

Ditambahkannya, untuk lahan food estate harus tersedia lahan seluas minimal 10 ribu hektar.

Kedepan, ujarnya, Dinas Pangan TPH bersama instansi terkait di tingkat kabupaten akan lebih intensif melakukan sosialisasi agar petani ikut dalam program ini.

"Kegiatan ini sangat berkaitan dengan kepastian kepemilikan lahan (milik petani). Agar ketika program diimplementasikan tidak terjadi kendala. Sebaliknya, didukung penuh oleh petani setempat," pungkasnya.

Selain Kabupaten Paser dan Penajam Paser Utara, lanjut Yana, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kutai Timur, Berau dan Kutai Barat serta Mahakam Ulu memiliki potensi besar untuk pengembangan tanaman pangan.(mar/poskotakaltimnews.com).