Purnomo Gantikan Erlyando Saputra Sebagai Ketua KPU Kukar

img

(Purnomo) 

TENGGARONG, Purnomo terpilih sebagai Ketua KPU Kukar menggantikan Erlyando Saputra. Purnomo terpilih secara aklamasi dalam rapat tertutup yang dilakukan KPU Kukar, Rabu (17/2/2021) malam.

Sebelumnya Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) memberhentikan Erlyando Saputra dari jabatan Ketua KPU Kabupaten Kukar.

Keputusan itu disampaikan dalam sidang DKPP yang disiarkan secara virtual (daring) beberapa waktu lalu.

"Rapat pleno KPU dilaksanakan pada Rabu 17 Februari 2021 malam , dipimpin Plt Ketua KPU Muhammad Amin," Kata Purnomo kepada poskotakaltimnews, di Tenggarong, Kamis (18/2/2021)

Ia menambahkan, untuk Komisioner lainnya tidak ada perubahan, hanya perubahan Ketua KPU Kukar saja, dimana SK Ketua KPU Kukar masih menunggu dari KPU RI.

Untuk agenda berikutnya yaitu, penetapan Bupati dan Wakil Bupati Kukar Edi Damansyah dan Rendi Solihin yang terpilih pada Pilkada Kukar 2020, rencananya akan digelar pada 19 atau 20 Februari 2021.

Di ketahui bahwa Erlyando Saputra di gugat bersama anggota lainnya yaitu, Novan Surya Gafilah, Purnomo, Muhammad Amin, dan Yuyun Nurhayati. Para tergugat dinilai oleh pengadu koordinator Aliansi Masyarakat Kutai Bangkit Hendra Gunawan tidak berintegrasi dan profesional, karena tidak menindaklanjuti rekomendasi Bawaslu RI pada 2020 lalu.(*riz/poskotakaltimnews.com)