Anggota Satgas Pamtas RI-MLY Yonif 614/Rjp Bersama Warga Desa Long Jeled Melakukan Perawatan Bangunan PLTA

img

Anggota Satgas Pamtas RI-MLY Pos Long Jeled tergabung dalam SSK-2 Yonif 614/Rpj dipimpin Letda Inf Syahrudin, bersama masyarakat melakukan pengecekan rutin dan perawatan bangunan PLTA Desa Long Jeled. (Foto : Satgas Pamtas RI-MLY/Dok.Poskota Kaltim)

Kodam VI/Mulawarman 

LONG JELED – Keberadaan Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Republik Indonesia-Malaysia Batalyon Infantri 614/ Rajapandhita diwilayah perbatasan negara sangat penting.

Hal itu dalam membantu masyarakat perbatasan disegala bidang, yang selama ini sangat keterbatasan dengan sumber daya.

Contohnya seperti yang dilakukan oleh  Satgas Pamtas RI-MLY Pos Long Jeled yang tergabung dalam SSK-2 Satgas Pamtas RI-MLY Yonif 614/Rpj. Dipimpin oleh Letda Inf Syahrudin, bersama masyarakat Desa Long Jeled, Kecamatan Long Pujungan, Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara (Kaltara), melakukan pengecekan rutin dan perawatan bangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) yang terdapat di Desa Long Jeled, Kamis (18/2/2021).

Komandan Pos Long Jeled, Letda Inf Syahrudin mengatakan, kegiatan tersebut rutin dilakukan seminggu  sekali, untuk meyakinkan tidak ada permasalahan. Baik di turbin, maupun pada sarana bendungannya.

“Kegiatan ini kami lakukan bersama masyarakat, dan memang sudah menjadi kewajiban kami (TNI) membantu masyarakat dimanapun kami bertugas,” jelasnya dalam siaran pers Satgas Pamtas RI-MLY yang diterima Poskota Kaltim, Jumat (19/2/2021).

Dia menambahkan, sangat penting dilakukan pemeliharaan rutin fasilitas vital di Desa Long Jeled. Karena pembangkit listrik tenaga air tersebut merupakan satu-satunya milik warga yang bisa dimanfaatkan untuk kepentingan umum masyarakat desa itu.

“Hal ini merupakan salah satu aplikasi dan penerapan dari Doktrin 8 TNI . Yaitu, menjadi contoh dan mempelopori usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya,” tegas  Letda Inf Syahrudin.

Sementara itu, Markus (48), Penanggung Jawab Bangunan PLTA Long Jeled, mengungkapkan sangat berterima kasih atas bantuan dan partisipasi anggota Satgas Pamtas RI-MLY Yonif 614/Rjp dalam pemeliharaan PLTA yang ada di kampungnya.

“PLTA ini sangat membantu kelangsungan hidup masyarakat di Desa Long Jeled.  Karena dengan ini pula masyarakat bisa menikmati penerangan listrik dimalam hari,” bebernya.

Bahkan menurut Markus, dengan adanya listrik PLTA itu anak-anak Desa Long Jeled bisa terbantu belajar menggunakan lampu listrik. Masyarakat bisa nonton televisi untuk mengetahui berbagai perkembangan, informasi dan pengetahuan dari dunia luar.

“Sekali lagi warga masyarakat sangat berterima kasih kepada anggota Satgas Pamtas dan membantu merawat dan memeliharanya,” tandas Markus.(ran)