Pembukaan Karya Kreatif Indonesia 2021, Norbaiti: Gali Potensi Masing-Masing Daerah

img

(Pembukaan Karya Kreatif Indoensia)

SAMARINDA-Ketua Dewan Kerajinan Nasional  Dearah (Dekranasda) Provinsi Kaltim Hj Norbaiti Isran Noor mengatakan salah satu faktor penyumbang didalam ekonomi Indonesia dan daerah Kaltim  adalah Usaha Mikro , Kecil dan Menengah (UMKM). Makanya,  kualitas dan daya saing harus ditingkatkan  melalu pogram kerja yang kreatif dan inovatif, khususnya dalam pengembangan potensi kearifan lokal.  

“Potensi kearifan lokal masing-masing daerah  harus terus digali dan dilestarikan, karena seni kerajinan sebagai khazanah kekayaan negeri dan daerah, terus berkembang  secara dinamis melalui  pemanfaatan bahan baku  didaerah yang melibatkan masyarakat sebagai pelaku,” kata Norbaiti Isran Noor peda pembukaan Karya Kreatif Indonesia (KKI) Seri 1 dan Akademi Ekspor Kaltim 2021, yang dilaksanakan oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kaltim, yang digelar di Crystal Grand Ballroom 1 Hotel Mercure Samarinda, Selasa (16/03/2021).        

Norbaiti menambahkan, Dekranasda bersama pemerintah, lembaga,perbankan termasuk BUMN dan BUND terus berupaya membantu dan mendukung perajin sebagai mitra yang baik  dalam menghasilkan suatu produk berkualitas untuk memenuhi kebutuhan pasar lokal dan global.

“ Tentu saja ini juga sebagai  dukungan kita  pada Gerakan Nasional Bangga  Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata #diIndonesiaAja. Dan kerajinan yang digeluti pelaku usaha di Kaltim diantaranya anyaman rotan, kerajinan,  sulam tumpar, anyaman akar jangat, anyaman manik, tenun doyoq dan lain sebagainya,” tandasnya. 

Dikatakan dalam  pengembangan usaha atau UMKM  tentu diperlukan dukungan  BUMN/BUMD,swasta dan dukungan perbankan, khususnya melalui program Corparate Social Responsibility (CSR) mereka yang dapat mendongkrak pertumbuhan kerajinan di Kaltim.

“Oleh sebab itu, harus terbangun komunikasi yang baik dan intens  dari berbagai komponen, sementara Dekranasda Kaltim berperan sebagai  jembatan komunikasi bagi potensi industri kerajinan  di masing-masing kabupaten/kota,”ujar Norbaiti Isran Noor.

Usai pembukaan,  Hj Norbaiti Isran Noor, Wakil Ketua Dekranasda Kaltim  Hj Erni Makmur Hadi Mulyadi, didampingi  Kepala Kantor perwakilan  Bank Indonesia Provinsi Kaltim, Tutuk SH Cahyono, dan Kepala Disperindagkop Kaltim, HM Yadi Robyan Noor mengunjungi stan-stan  pameran UMKM binaan Bank Indonesia  Kaltim. (mar/poskotakaltimnews.com