Gubernur Isran Noor Minta Bankaltimtara Terdepan Berdayakan UMKM

img

(Dr H Isran Noor memimpin Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Bankaltimtara Tahun 2021)

POSKOTAKALTIMNEWS.COM,JAKARTA-Bertempat di ruang rapat Bankaltimtara Cabang Jakarta di Gedung Panin Tower Jakarta Pusat, Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor memimpin Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Bankaltimtara Tahun 2021 yang dilaksanakan secara online dan offline, Kamis (08/04/2021).

Hadir langsung bersama Gubernur Kaltim, diantaranya Walikota Balikpapan Rizal Effendi, Komisaris Utama Bankaltimtara Zainuddin Fanani, Direktur Utama Muhammad Yamin dan Direktur Kredit Ismunandar Azis.

Sementara, secara online juga turut diikuti sejumlah pemegang saham bank plat merah Kaltim dan Kaltara ini. Diantaranya, Gubernur Kaltara diwakili Sekprov Kaltara Suriansyah, Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi, bupati dan walikota se Kaltim dan Kaltara.

Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor sebagai pemegang saham pengendali bersama pemegang saham Bankaltimtara lainnya, seperti Gubernur Kaltara dan bupati/walikota se Kaltim dan Kaltara  pada prinsipnya menerima laporan pertanggungjawaban direksi dan laporan pengawasan dewan komisaris tahun buku 2020 yang disampaikan pada RUPS Bankaltimtara.

"Sebagai bank daerah, Bankaltimtara harus menjadi yang terdepan dalam membantu memberdayakan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) melalui pemberian fasilitas pinjaman dengan skema proses cepat dan bunga murah, sehingga pelaku UMKM bisa merasakan manfaat dari bank daerah," kata Isran Noor.

Selain itu, Bankaltimtara juga diminta agar bisa memanfaatkan peluang pembangunan ibu kota negara (IKN) di Benua Etam sebagai langkah untuk mengembangkan bisnis. Juga proyek perluasan kilang minyak di Balikpapan bisa dimanfaatkan menjadi peluang bagi Bankaltimtara.

"Artinya sebagai bank daerah supaya memperhatikan UMKM dan terdepan untuk melakukan pembinaan dan pembiayaan. Terlebih di masa pandemi peluncuran kredit kepada masyarakat tentunya dapat membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi Kaltim yang pada posisi minus di tahun 2020," pintanya.

Direktur Utama Bankaltimtara Muhammad Yamin menambahkan RUPS merupakan agensa rutin tahunan untuk menyampaikan laporan pertanggungjawaban direksi dan dewan pengawas, serta beberapa agenda lainnya.

"Dalam RUPS menetapkan pembagian laba perseroan untuk pemegang saham dalam bentuk deviden yang meningkat 8,6 persen dari penerimaan deviden tahun 2019," tambahnya. (mar)