Berau Raih Penghargaan Pembangunan Daerah Tingkat Kabupaten

img

(Penghargaan diserahkan langsung Gubernur Kaltim, Isran Noor, kepada Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas, pada rangkaian musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) tingkat provinsi di Pendopo Odah Etam Kantor Gubernur Kaltim, Kamis (22/4/2021)

POSKOTAKALTIMNEWS.COM,TANJUNG REDEB- Pemerintah Kabupaten Berau kembali meraih penghargaan pembangunan daerah (PPD) Tingkat Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2021.

Berau berada diperingkat kedua untuk kategori kabupaten. Penghargaan diserahkan langsung Gubernur Kaltim, Isran Noor, kepada Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas, pada rangkaian musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) tingkat provinsi di Pendopo Odah Etam Kantor Gubernur Kaltim, Kamis (22/4) kemarin.

Berada diperingkat kedua dalam prestasi penyusunan perencanaan pembangunan ditingkat provinsi, Bupati Sri Juniarsih menyampaikan rasa syukur, terima kasih dan apresiasi kepada jajaran Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah(Baplitbang) beserta seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Berau yang menyusun rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) setiap tahunnya dengan baik sesuai rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) yang telah ditetapkan. sehingga pelaksanaan program dan kegiatan yang dilaksanakan juga berjalan dengan baik dan sesuai yang diharapkan dalam peningkatan pelayanan dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Berau.

“Saya mengapresiasi dan terima kasih kepada seluruh jajaran OPD dengan diraihnya penghargaan pembangunan daerah tahun 2021 ini,” ungkapnya.

Penghargaan ini diharapkan Sri Juniarsih dapat menjadi motivasi untuk terus melakukan perbaikan sehingga kedepan penghargaan ini dapat lebih ditingkatkan. “Tentu penghargaan ini menjadi motivasi bagi kita untuk lebih baik lagi kedepan,” tandasnya.

Sementara Kepala Baplitbang Berau, Agus Wahyudi, mengatakan penghargaan pembangunan daerah ini merupakan penghargaan bergengsi di badan perencanaan nasional. Berau setiap tahun meraih penghargaan dan terus meningkat. “Tahun 2019 kita peringkat ketiga, tahun lalu dan saat ini kita berada diperingkat kedua,” ungkapnya.

Beberapa kriteria yang menjadi penilaian dikatakan Agus diantaranya adalah perencanaan yang telah selaras dengan perencanaan pembangunan nasional maupun provinsi. Selain itu berdasarkan hasil evaluasi dari perencanaan maupun dari pelaksanaan APBD rata rata memperoleh nilai 80 dengan kriteria bagus. “Artinya perencanaan sesuai dengan pelaksanaan serta konsistensi dan inovasi yang menjadi penilaian,” ungkapnya.

Pelaksana tugas Asisten II Setkab Berau ini juga menargetkan Berau bisa meraih peringkat pertama dengan berbagai upaya perbaikan kedepan. Terlebih dengan penerapan sistem informasi pemerintah daerah (SIPD) semakin memudahkan dalam perencanaan daerah. “Ini menjadi pemicu semangat kita untuk lebih baik kedepan,” pungkasnya. (hms)