Pengelolaan Sampah Harus Komprehensif dan Terpadu

img

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Kaltim  E.A.Rafiddin Rizal

POSKOTAKALTIMNEWS.COM,BALIKPAPAN-Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Kaltim  E.A.Rafiddin Rizal mengatakan pengelolaan sampah merupakan kegiatan yang sistematis, menyeluruh dan berkesinambungan yang meliputi pengurangan dan penanganan sampah.

"Pengelolaan sampah perlu dilakukan secara komprehensif dan terpadu dari hulu ke hilir agar memberikan manfaat secara ekonomi, sehat bagi  masyarakat dan aman bagi lingkungan serta dapat mengubah perilaku masyarakat,"jelas

Rafiddin Rizal pada saat pelantikan pengurus Forum Komunitas Bank Sampah se Kaltim, periode tahun 2021-2024, yang digelar disecara Online dan offline oleh DLH Kaltim,  di  Office Tower Golden Tulip Balikpapan, Rabu (9/6/2021).

Rifaddin  menambahkan,  di bulan Juni 2021 ini, masih suasana peringatan Hari Lingkungan Hidup se-dunia, dengan tema Restorasi Ekosistem. Dengan peringatan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia tahun ini, saatnya untuk dapat dilakukan penyesuaian berpikir dan bertindak Reimagine-Recreate-Restore.

"Inilah momen kita, Dan kita tidak bisa mengembalikan waktu, tapi kita bisa melakukan tindakan atau aksi yang dapat memperbaiki lingkungan hidup sekitar kita, misalnya membersihkan sungai dan pantai, serta berbagai aktivitas positif lainnya dalam menjaga dan merawat lingkungan hidup, serta mengubah pola konsumsi dengan pembatasan pemakaian plastik sekali pakai,"tandasnya.

Rifaddin  juga mengharapkan perusahaan yang hadir  ke depan dapat juga melaluiCSR masing- masing untuk berkolaborasi dengan forum komunikasi ini dalam pengelolaan sampah di Kaltim. "Sedangkan untuk kalangan  akademisi atau perguruan tinggi dapat menjadi mitra sesuai tridarma prguruan tingginya," ujarnya.

Rifaddin menambahkan, pengelolaan sampah untuk menuju Kaltim Bersih Sampah 2025 memerlukan kesadaran dan kepedulian bersama dari seluruh elemen masyarakat.

"Demikian pula kegiatan komunikasi, informasi, dan edukasi yang masif dan sistematis menjadi keniscayaan untuk dijalankan semua pihak, baik pemerintah, pemerintah daerah, akademisi/ahli, dunia usaha, komunitas, LSM, dan komponen masyarakat lainnya," pesannya.

Peringatan Hari Lingkungan Hidup se Dunia tahun 2021, kata Rifaddin  menjadi momen penting bagi semua untuk  terus menggugah, menumbuhkan, serta meningkatkan kesadaran dan kepedulian publik tentang ekosistem dan pengelolaannya secara optimal.

"Melalui momentum Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini, diharapkan dapat menambah semangat kita untuk senantiasa terus memperbaiki diri dalam berperilaku adil terhadap lingkungan. Lingkungan yang sehat membutuhkan dukungan dan keterlibatan para pemangku kepentingan, khususnya di tingkat lokal, sehingga masyarakat berdaya dalam mengatur dan mengelola lingkungan tempat mereka dengan lebih baik. Pemberdayaan masyarakat berkontribusi memajukan solusi lokal dan mendorong partisipasi aktif dalam restorasi ekosistem,"papar Rifaddin Rizal.(mar)